1444 Rabu, 25 November 2015 | 11:41:47

Pusat Rumah Murah di Sawangan Ada di Pengasinan

Pusat Rumah Murah di Sawangan Ada di Pengasinanolx

Sekarang ini banyak orang mencari rumah ke pinggir karena harga rumah di pusat kota sudah sangat mahal dan tidak bisa dijangkau oleh masyarakat MBR. Namun, sama halnya dengan  kawasan-kawasan lain yang berada di Jabodetabek, perumahan yang berlokasi di Sawangan, Depok, Jawa Barat, harganya juga terus melambung. Jika tiga tahun lalu orang  masih bisa mendapatkan rumah seharga Rp200 sampai 300 jutaan namun saat ini harga rumah di daerah sawangan rata-rata harganya di atas setengah miliar.

Memang kalau mau ditelusuri masih ada pengembang yang memasarkan rumah di bawah harga setengah miliar tetapi jumlahnya sangat terbatas. Letak perumahan tersebut berada di jalan Pengasinan, yakni salah satu anak jalan yang bermuara ke jalan Raya Muchtar atau jalan Raya Sawangan – Depok.
Di daerah Pengasinan ada perumahan yang bernama Bumi Citra Lestari  dimana perumahan tersebut memasarkan rumah tipe 30/72 seharga Rp 293,3 juta, sedangkan untuk tipe  36/72 seharga Rp 314 juta harga tersebut hanya untuk pembelian dengan penjualan tunai.

Apabila customer membeli dengan cara KPR maka masing-masing harganya adalah sebesar Rp359 juta dan 384 juta. Dimana harga tersebut sudah termasuk PPN, AJB, dan biaya KPR, tetapi tidak termasuk biaya BPHTB, demikian yang disampaikan Novie, staf pemasaran Bumi Citra Lestari.

Perumahan tersebut berjarak sekitar 1 km jika ditempuh dari jalan Raya Muchtar. Perumahan ini memiliki luas sebesar 10 ha. Perumahan ini  dikembangkan oleh PT Bumiputera Mitra Sarana dan sudah lebih dari empat tahun yang lalu dan telah dibangun pada  tahap pertama seluas 4 ha.

Rumah yang dibangun sebanyak 700-an dan saat ini hanya tersisa 19 unit. Rencananya pada Februari tahun 2016 akan dibuka kembali tahap dua sebanyak 600 unit. Perumahan tersebut saat ini telah dihuni oleh 200 KK. Fasilitas yang didapatkan dari perumahan ini seperti, lapangan bulutangkis, taman, malah rencananya akan dibangun kolam renang.

Perumahan Bumi Sawangan Indah I yang letaknya masih dijalan yang sama dengan perumahan Bumi Citra Lestari  juga menawarkan hunian dengan tipe 36/72dan dibanderol seharga Rp350 juta. Disamping itu ada juga  tipe 45/96 dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp475 juta.

Berdasarkan informasi dari salah seorang staf pemasarannya mengatakan bahwa  harga tersebut sudah termasuk biaya-biaya kecuali biaya proses KPR yang besarnya sekitar 6 hingga 7 persen dari nilai kredit. Perumahan ini dikembangkan di area seluas  3,2 ha pada tahap pertama pembangunannya sebanyak 60 unit.  Dan hingga saat ini rumah yang dipasarkan masih tersisa  sebanyak 20 unit.

Perumahan Griya Asri Sawangan 2 memasarkan tipe lebih besar.  Perumahan ini memasarkan dua jenis tipe yakni  tipe 48/79  seharga Rp 497 juta dan tipe  93/105 seharga Rp824 juta. Namun rumah tipe ini jumlahnya sangat  terbatas yakni hanya sebanyak 21 unit.

Sumber: Housingestate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita