330 Jum'at, 02 Oktober 2015 | 15:48:40

KPR Syariah Menjadi Pilihan Menarik Berinvestasi Properti

KPR Syariah Menjadi Pilihan Menarik Berinvestasi PropertiRumah Bungos

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan cara KPR ( Kredit Pemilikan Rumah) tetapi tidak mau jika bunga yang di tawarkan oleh pihak bank terlalu tinggi, tak perlu risau karena akhir-akhir ini banyak bank syariah yang menjadi partner dari beberapa developer perumahan menawarkan cicilan untuk KPR dengan sistem KPR Syariah atau kredit pemilikan rumah metode syariah.

 Dengan program yang diusung dan diwacanakan menjadi itu menjadi satu metode alternatif untuk dapat membeli properti atau rumah dengan sistem syariah dan sesuai dengan hukum agama, karena pada umumnya KPR Bank yang mengenakan bunga, dianggap praktek ribawi dan sangat membebankan bagi nasabah, itulah sebabnya di buat metode KPR Syariah.

KPR Syariah disini dapat diartikan pembelian rumah dengan sistem angsuran dalam jangka waktu tertentu namun tidak dikenakan biaya, bunga dan denda atas keterlambatan pembayaran. Bedanya jika di KPR Bank, pemberi pinjamannya adalah bank, sedangkan di KPR Syariah, pemberi pinjaman adalah penjual itu sendiri. Hal ini dikarenakan belum adanya lembaga keuangan yang siap untuk membiayai pembelian rumah tanpa biaya, bunga dan denda.

Sebelumnya ada jenis pembayaran pembelian rumah yang juga langsung dengan penjual atau developer, pernah disebut dengan cicilan tanpa bunga, atau cash bertahap dengan pembayaran 24 kali, dan lainnya. Namun jangka waktunya relatif pendek serta dikenai denda bila terlambat membayar, bahkan dianggap sebagai pembatalan sepihak karena keterlambatan dalam jangka waktu tertentu. Sistem ini masih mengandung unsur ribawi meskipun tidak dilakukan oleh perbankan.

Beberapa hal yang menjadi ciri KPR Syariah yaitu perbedaan pada harga jual untuk jangka waktu pembeli yang berbeda. Contohnya harga cash Rp100 juta dan untuk harga lima tahun Rp150 juta, lalu untuk harga 10 tahun adalah Rp200 juta. Hal ini dianggap boleh dikarenakan mata uang rupiah mengalami penurunan nilai tukar dengan dollar AS dan dengan melihat harga di awal maka kepastian angsuran menjadi lebih jelas.

Keunggulan metode KPR Syariah antara lain:

- Untuk biaya administrasi KPR kurang dari 7 % Sehingga KPR Syariah menjadi lebih murah.

- Tidak ada bunga pinjaman sehingga ada kepastian angsuran setiap bulannya.

-  Tidak di kenai biaya keterlambatan atau denda bila terlambat melakukan pembayaran angsuran rumah.

- Pengajuan untuk proses pinjamannya lebih cepat di setujui dan lebih mudah, berbeda dengan proses perbankan

- Untuk saat ini penyedia layangan KPR Syariah memang masih minim, berbeda sekali dengan bank konvensional, namun sistem ini jelas memberikan cara yang mudah bagi calon investor properti.

 

Sumber :Okezone

 

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita