298 Selasa, 28 Juli 2015 | 11:20:48

PMN Rp 1 Triliun Di Nanti Perumnas Untuk Bangun Rumah Murah

PMN Rp 1 Triliun Di Nanti Perumnas Untuk Bangun Rumah Murahhousingesatate

Dana PMN Rp 1 Triliun akan segera Cair untuk Perum Perumnas yang akan dipergunakan untuk membangun rumah murah. Angka sebesar ini adalah setengah dari angka yang diajukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut. Tetapi sampai saat ini, dana tersebut belum juga direalisasi.
Himawan Arif Sugoto, Direktur Utama Perumnas mengatakan bahwa pada dasarnya yang dapat memastikan terealisasinya dana tersebut adalah Kementerian Keuangan namun dari pihak Perumnas sendiri mengharapkan dana tersebut dapat segera cair.

Walaupun  tidak memenuhi harapan, namun Himawan menilai dana PMN yang diberikan pemerintah ini sangat bermanfaat. Dana ini pada akhirnya akan digunakan untuk membangun rumah rakyat sebanyak 33.000 unit. Sudah pasti, jumlah ini belum dapat menutup target yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini disebabkan, dana PMN tidak hanya digunakan untuk membangun, namun digunakan juga  untuk akuisisi lahan.

Himawan menjelaskan, akuisisi lahan juga penting guna untuk menunjang pembangunan perumahan. Tetapi di sisi lain, dana yang tersedia tidak memadai apabila ditargetkan untuk membangun rumah dengan jumlah sebanyak 36.000 unit pada  tahun ini. Kendati demikian, Himawan juga menegaskan, bahwa tidak akan merevisi target pembangunan.

Menurut Himawan hal ini akan tetap menjadi target yang dikejar dengan beberapa cara. Seperti halnya, Kementerian BUMN akan memberi bantuan uang, apabila Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dapat membantu dalam bentuk tanah.

Diawali pada akhir tahun 2014 sampai saat ini, Perumnas sedang dalam proses mengakuisisi lahan yang cukup besar pada dua lokasi, yaitu Palembang, Sumatera Selatan dan Makassar, Sulawesi Selatan. Dengan total luas lahan sebesar 200 hektar, masing-masing tanah diakuisisi 100 hektar.
Disamping itu, lahan lainnya yang dimiliki oleh Perumnas seperti  di Sumatera, yakni Nias, Medan, Batam, dan Bengkulu. Lahan di Jawa Barat, yakni Parung Panjang, Bandung, Cirebon, Cilegon. Lahan di Jawa lainnya adalah  Yogyakarta dan Pati.

Ada juga lahan di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kendari, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, NTB, dan NTT. Jumlah lahan Perumnas pada saat ini adalah lebih dari 2.000 hektar dan jumlah ini akan terus bertambah.

Sumber: kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita