224 Jum'at, 22 Mei 2015 | 13:27:39

Uang Muka KPR Turun Investor Asing Ambil Manfaat

Uang Muka KPR Turun Investor Asing Ambil Manfaatmerdeka

Down Payment atau yang biasa disebut dengan uang muka untuk KPR turun. Bank Indonesia (BI) memberikan kebijakkan dengan menurunkan  uang muka KPR  menjadi 10 persen. Disamping itu, penurunan uang muka ini bukan hanya diperuntukkan untuk Kredit Pemilikan Rumah saja tetapi juga untuk kredit kendaraan bermotor.

Tujuan dari diturunkannya uang muka ini adalah sebagai bentuk untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan pada sektor properti yang kini tengah lemah.

Dampak dari keringan ini dapat dimanfaatkan oleh para investor asing, dengan begitu mereka dapat memiliki properti di Indonesia dengan mudah. Terlebih pemerintah juga telah memperbolehkan Warga Negara Asing (WNA) untuk memiliki properti berupa apartemen mewah di Indonesia.

Tony Prasetiantono selaku Pengamat Ekonomi dari Universitas Gajah Mada (UGM) berpendapat bahwa keringan uang muka yang diberikan oleh Bank Indonesia didalam memperoleh apartemen yang ada di Indonesia akan di manfaatkan oleh para Investor Asing.

Tony juga menjelaskan lebih lanjut, menurutnya prinsip dari relaksasi bagi konsumen didalam memiliki kendaraan, apartemen ataupun tempat tinggal kemungkinan dapat diperluas dengan kepemilikkan asing di apartemen. Apabila dilihat dari dampak yang akan terjadi dari sisi ekonomi memang boleh dikatakan cukup bagus, akan tetapi akan ada  dampak resistensi  dari non-ekonomi.

Demand atau permintaan akan terjadi jika dari sisi ekonomi bagus maka akan mendorong adanya permintaan tetapi dampak yang akan terjadi dari sisi non-ekonomi akan berdampak pada sisi psikologis dan nasionalisme. Sedangkan dari sisi ekonomi tidak dapat dipisahkan antara asing dan domestik.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) akan memberikan kelonggaran bagi aturan rasio pinjaman terhadap aset (loan to value/LTV) atas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Plafon yang akan diberikan untuk kepemilikan rumah pertama dinaikkan dari 10 persen menjadi 90 persen dari nilai aset sehingga secara langsung uang muka yang akan ditanggung oleh konsumen hanya sebesar 10 persen.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita