173 Selasa, 03 Maret 2015 | 09:56:55

April Uang Muka KPR Turun 1 %

April Uang Muka KPR Turun 1 %propertikompas

Rapat terbatas (ratas) mengenai progres proyek pembangunan 1 juta rumah baru saja diadakan Presiden joko Widodo. Yang menjadi topik KPR, Uang Muka,  dalam rapat tersebut salah satunya dalah mengenai penurunan uang muka dari 5 persen menjadi 1 persen. Penurunan ini hanya di berlakukan khusus untuk rumah yang diakses melalui program khusus kredit kepemilikan rumah fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (KPR-FLPP) atau yang sering disebut sebagai rumah bersubsidi.

Demi untuk dapat menjangkau masyrakat yang perekonomiannya masih standar maka pemerintah akan menurunkan uang muka dari 5 persen menjadi 1 persen. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yakni Bapak Basuki Hadimuldjono, ketika dijumpai di kantor Kepreseidenan, Jakarta Senin (2/3/2015) bahwa kebijakan ini telah disetujui  dan di harapkan dengan penurunan uang muka dari 5 persen menjadi 1 persen ini akan memnbuat masyarakat tidak lagi memberatkan.

Mungkin dahulu orang dengan membayar cicilan Rp 70.000 akan terasa berat namun dengan berjalannya waktu cicilan Rp 70.000 tidaklah seberapa. Sekarang yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat adalah uang muka yang terlalu memberatkan oleh karena itu demi terlaksananya program 1 juta rumah ini pemerintah memberikan uang muka hanya 1 persen dari harga rumah begitu pula dengan cicilannya akan diberlakukan sistem flat sehingga akan semakin meringan masyarakat dalam memiliki hunian.

Menurut Basuki, dalam kesempatan ini pemerintah mendapat jatah membangun 1 juta  rumah untuk MBR sebanyak 600 ribu unit dan 98 ribu unit akan dibangun melalui dana APBN kemudian 500 unit rumah akan dibangun melalui kerjasama antara BUMN dan Swasta sedangkan sisanya 30 ribu unit akan dibangun oleh pemerintah daerah (Pemda)

Untuk hunian yang non-MBR akan  dibangun sebanyak 3,4 juta rumah dan telah siap untuk dilaksanan. Hanya kebijakannya lebih mengacu pada MBR.

Sumber: Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita