1160 Rabu, 25 Februari 2015 | 11:55:10

Turunnya Bunga KPR BTN Meresahkan Nasabah Lama

Turunnya Bunga KPR BTN Meresahkan Nasabah Lamaekonomikompasiana

Penurunan untuk suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) hanya berlaku untuk nasabah yang baru melakukan pengajuan KPR BTN, jadi hal ini tidak berlaku untuk nasabah lama. Penurunan suku bunga tersebut sebesar 0,75 persen sampai 2 persen, tentu saja penurunan ini disambut baik oleh para nasabah baru.

Menurut Andhika salah satu staf kredit BTN Cabang Ciputat, Tangerang Selatan menjelaskan kepada Kompas, Selasa (24/2/2015) bahwa penurunan suku bunga telah dimulai sejak 2015 dan hanya di berlakukan untuk nasabah yang baru mengajukan KPR BTN sedangkan untuk nasabah lama tetap di kenakan suku bungan outstanding.

Tidak sedikit nasabah yang merespon dengan baik mengenai penurunan suku bunga ini, salah satunya Agus (38) menurutnya turunnya suku bunga KPR BTN ini sangat membantu pengeluarannya dalam mencicil rumah, karena menurutnya cicilan KPR selama ini sangat tinggi jadi sangat memberatkan belum lagi harus memenuhi kebutuhan rumah tangga. Agus membeli rumah di wilayah Ciledug Tangerang seharga Rp 475 juta dan setiap bulannya ia harus membayar angsuran sebesar Rp 3,8 juta per bulan untuk jangka waktu selama 10 tahun dan suku bunga sebesar 11,5 persen.

Lain halnya Lila Kusumayanti (28) menurutnya turunnya suku bunga KPR BTN sebesar 0,75 persen sampai 2 persen sangat membantu dirinya yang sedang mengangsur pembelian rumah. Menurutnya dengan turunnya bunga KPR, dirinya dapat menghemat sekitar Rp 300 ribu perbulannya.  Lila membeli rumah seharga Rp 585 juta dengan jangka waktu kredit selama 15 tahun dan suku bunga KPR sebesar 10,05 persen.

Sedangkan Mansyur S Nasution, Direktur BTN mengatakan bahwa suku bunga KPR untuk rumah non-subsidi diturunkan sekitar 0,75 persen namun tergantung pada segmen rumah yang di pilih oleh nasabah.

Untuk rumah subsidi non Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) suku bunganya diturunkan hingga 2 persen atau 200 basis poin. Untuk rumah FLPP, suku bunganya masih tetap 7,25 persen.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita