357 Selasa, 17 Februari 2015 | 09:06:29

Memiliki Rumah Melalui KPR Subsidi

Memiliki Rumah Melalui KPR Subsidihousingestate

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang di berikan pemerintah melalui program KPR Subsidi yang dikelola lewat Bank Tabungan Negara (BTN) bertujuan untuk membantu masyarakat menengah kebawah yakni yang berpenghasilan rendah (MBR). Masyarakat pun beranggapan demikian mengingat suku bunga yang ditawarkan lebih kecil dan jangka waktu angsuran pun lebih lama jika dibandingkan dengan perbankan lainnya.

Pada hari Sabtu (14/02/2015) Jakarta Hall Convention Center, Senayan menyelenggarakan pameran Indonesia Property Expo 2015, salah satu pengunjung mengatakan bahwa dirinya lebih memilih untuk menggunakan KPR BTN bersubsidi alasannya karena angsurannya rendah, suku bunga yang di tetapkan juga lebih kecil, jangka waktu angsuran kredit lebih lama jika dibandingkan dengan bank swasta lainnya.

KPR Subsidi lebih banyak di pilih oleh masyarakat yang berpenghasilan rendah karena lebih menguntungkan dan kebanyakan orang sekarang lebih banyak memilih membeli rumah dengan cara KPR Subsidi dari pada harus membayar uang sewa rumah terus menerus.
Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda seperti hal nya pendapat dari salah satu pengunjung yang

memberikan pernyataan yang berbeda. Menurut Agus (38) Program KPR Subsidi yang di berikan oleh pemerintah tidak terlalu membantu mengingat harga perumahan yang terus naik, pada dasarnya KPR subsidi itu membantu akan tetapi tidak banyak, dapat dibayangkan jika kenaikan hunian bisa mencapai sepuluh kali lipat sedangkan pendapatan paling kenaikkannya hanya satu atau dua kali, suku bunga yang ditawarkan juga masih terlampau tinggi dengan demikian diharapkan pemerintah dapat meringankan suku bunga KPR subsidi,  ucap Agus.

Mansyur S. Nasution, Direktur Bank BTN, merespon hal tersebut beliau mengatakan bahwa Bank BTN akan melakukan penyesuaian suku bunga KPR yang berakhir per 1 Maret 2015. Penyesuaian tersebut akan di evaluasi terlebih dahulu atas berbagai pertimbangan bisnis serta tetap memperhatikan kemampuan antara masyarakat dan bank.

Menurut Mansyur, penyesuaian suku bunga di berikan secara bervariasi . Untuk KPR/KPA suku bunga tetap 1 atau 2 tahun dan penurunan bervariasi antara 50 sampai 75 basis poin. Sedangkan untuk KPR/KPA Subsidi penurunan bervariasi yakni antara 200 hingga 400 basis poin.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita