247 Jum'at, 26 Desember 2014 | 12:41:23

Surat Utang Beragunan Rumah Di Terbitkan BTN Tahun Depan

Surat Utang Beragunan Rumah Di Terbitkan BTN Tahun Depanblogrumah

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk merencanakan akan  menerbitkan Efek Beragun Aset yang Berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) dan akan di terbitkan pada tahun depan. Penerbitan Surat Agunan hutang atas rumah  tersebut juga akan menggandeng PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) sebagai penata sekuritisasi dan sebagai pendukung kredit.

Menurut Maryono,  Direktur Utama Bank BTN ketika di jumpai di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (09/12) mengatakan bahwa,  PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) akan menjadi bank pelopor yang produk kreditnya disekuritisasi. Bank Tabungan Negara (BTN)  akan meneruskan proses penjualan aset piutang dari kreditor awal kepada pihak lain (dalam hal ini investor) atau  sekuritisasi , apalagi jika dilihat dari  Otoritas Jasa Keuangan yang telah mengembangkan KIK-EBA dan EBA-SP akan diterbitkan pada tahun depan," .

Menurut Maryono, saat ini Bank BTN telah merencanakan penyiapan dana senilai Rp 3 triliun untuk pengembangan sekuritisasi Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) pada tahun 2015 mendatang. Dana tersebut termasuk rencana penerbitan EBA-SP yang akan di terbitkan pada tahun depan.

"Mengenai  masing-masing (nilainya) nanti akan di atur oleh Bank Tabungan Negara," ucap Maryono.
Maryono, berharap penerbitan EBA-SP akan semakin memperkuat kapasitas penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR). Dengan demikian,  hal ini diharapkan akan berimbas positif pada penurunan jumlah kekurangan perumahan di Indonesia.

"Dan diharapkan untuk kapasitas CAR (rasio kecukupan modal)  menjadi lebih besar," demikian Maryono menjelaskan.

Kemudian,  Maryono menambahkan mengenai penerbitan KIK-EBA pada bulan ini yaitu senilai  Rp 1,5 triliun dan diharapkan mampu membuka CAR (rasio kecukupan modal) perseroan dengan perkiraan  antara 15-16 persen. "Dengan perkiraan tersebut maka PT, Bank Tabungan Negara, Tbk (BTN) akan  mendapatkan fee base income dari fee pengelolaan tersebut,".
.

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita