536 Rabu, 02 Juli 2014 | 16:52:49

FLPP akan dicabut, Apa saja dampak-dampaknya

FLPP akan dicabut, Apa saja dampak-dampaknya

Pemerintah berencana menghapuskan subsidi FLPP atau fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan Tahun depan. FLPP sendiri adalah skema subsidi bunga kredit pemilikan rumah untuk Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dengan dihapuskannya FLPP, maka masyarakat harus membeli rumah dengan suku bunga komersil. Tentu saja jika mengikuti bunga komersil harus menyediakan dana lebih banyak lagi. Demikian dikatakan Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jabar, Yana Mulyano Supardjo.

"Kabar yang kami peroleh, pencabutan FLPP itu berlangsung pada Maret 2015." kata Yana.

Dengan kondisi tersebut, REI akan melakukan judical review kepada pemerintah berkenaan dengan adanya rencana pencabutan FLPP pada awal 2015.

Sementara itu, Pengamat perbankan Mangasa A Sipahutar mengatakan bahwa pencabutan flpp akan mempengaruhi permodalan Bank Tabungan Negara (BTN). "Jika FLPP dihapus, berarti BTN harus bisa survive dan BTN akan melakukan aksi korporasi untuk meraih keuntungan. Ujar Mangasa (29/06)

Dengan dicabutnya FLPP bagi rumah tapak, pemerintah hanya menyediakan dana FLPP untuk rumah susun. Kebijakan tersebut menurut Mangasa hanya akan menyediakan memperbesar porsi KPR non-subsidi.

Dengan kebijakan tersebut, pengembang juga merasa akan berpengaruh pada penjualan, untuk itu para pengembang menggenjot penjualan hingga 2015 nanti.

 

Sumber : Sindonews, skalanews

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita