172 Selasa, 19 November 2013 | 10:12:59

Siasat Agar Cicilan KPR Ringan

Siasat Agar Cicilan KPR Ringan

Naiknya harga rumah dikarenakan oleh berbagai faktor. Faktor utama adalah naiknya harga bahan bangunan. Pengembang memang mengaku harus ada penyesuaian harga. Sebab, selain naiknya bahan baku, harga lahan juga tercatat terus mengalami peningkatan.

Akibat kenaikan harga rumah itu, Ketua Real Estate Indonesia (REI), Setyo Maharso mengusulkan beberapa poin. Khusunya untuk memperpanjang tenor atau jatuh tempo KPR.

"Kenaikan harga kan dari kita sebagai developer, tapi jika harga kita naikkan tapi masyarakat tidak mampu membeli bagaimana?" katanya saat ditemui dalam Ekonomi Outlook BTN, di Hotel Four Season, Senin (18/11/2013).

Sebagai langkah menyikapi kenaikan harga rumah yang makin tinggi, dia mengusulkan memperpanjang tenor. Perpanjangan tenor KPR itu diyakini akan meringankan.

"Maka kita mengusulkan untuk tenornya diperpanjang. Dan untuk masalah tenor diperpanjang ini sudah disetujui oleh pemerintah,” ujarnya.

Setyo mengaku, ini memang usulan dari REI untuk menjembatani masyarakat yang tidak mampu. Selain itu perpanjang tenor, dia juga mengusulkan adanya penyesuaian untuk uang muka atau down payment (DP).

"Jadi kalau harga rumahnya Rp600 juta, uang mukanya Rp6 juta, angsurannya Rp6 juta selama 20 tahun," paparnya. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita