179 Rabu, 13 November 2013 | 08:47:32

BI Rate Jadi 7,5% Pemilik KPR Bisa \"Gigit Jari\"

BI Rate Jadi 7,5% Pemilik KPR Bisa \

Bank Indonesia (BI) kembali memutuskan kenaikan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 7,5 persen. Kenaikan 25 basis poin dari sebelumnya sebesar 7,25 persen ini akan mempengaruhi kredit perbankan, salah satunya Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

"Akibat kenaikan ini yang paling terkena imbasnya adalah konsumen," kata Associate Director Colliers, Ferry Salanto, Selasa (12/11/2013).

Sementara itu, imbas untuk pengembang menurutnya tak terlaly signifikan. Hanya saja, pengembang akan membayar ongkos konstruksi lebih besar dari sebelumnya.

"Untuk developer mungkin tidak akan terlalu berpengaruh secara signifikan. Hanya saja nantinya mereka akan membayar price konstruksi yang lebih tinggi," ujarnya lagi.

Dalam hal ini, konsumen memang yang paling nyata terkena dampaknya. Belum lagi aturan BI beberapa waktu lalu terkait dengan Loan to Value (LTV) yaitu besaran uang muka atau Dowb Payment (Dp) minimal 30 persen. "Ini akan semakin memberatkan konsumen," tandasnya. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita