113 Kamis, 25 Februari 2016 | 11:11:50

Bangun Arsitektur Unik Resmi Di Larang Oleh China.

Bangun Arsitektur Unik Resmi Di Larang Oleh China.www.berita2populer.com

Mulai sekarang China secara resmi menyatakan tidak akan lagi memiliki arsitektur bangunan yang berbentuk aneh. Hal ini di tegaskan oleh Dewan Negara China pada hari Minggu (21/2/2016) yang memberitahukan pedoman baru untuk perencanaan kota dengan cara melarang pembangunan gedung – gedung yang aneh yang tidak mempunyai karakter atau warisan budaya apapun.


Malah sebaliknya, panduan perencanaan kota tersebut mengharuskan atau mewajibkan para arsitek China membangun gedung yang ekonomis, lalu ramah lingkungan, tea=tapi tetap indah dan enak di pandang oleh mata.


Bangkitnya ekonomi China selama beberapa decade bahkan lebih telah melahirkan banyaknya konstruksi bangunan yang unik- unik. Hal ini yang lantas membuat China menjadi sebagai arena bermain para arsitek.


Beijing. Kota ini adalah salah satu rumah yang terdapat banyak gedung – gedung ikonik dan unik berada. Seperti markas besar CCTV yang di dirikan oleh Metropolitan Architecture dan juga dirancang oleh arsitek Belanda yang bernama Rem Koolhas.


Bangunan ini akhirnya sekarang mendapat julukan si celana besar oleh penduduk karena bentuk gedungnya yang menyerupai seperti celana panjang.


Lalu terdapat gedung lainnya lagi yang enak di pandang mata yaitu pusat pameran yang berbentuk pot teh. Ada juga sebuah kantor perusahaan yang berbentuk Starship Enterprise, yaitu sebuah pesawat ruang angkasa legendaris film Star Trek.


Dokumen yang dirilis oleh Dewan Negara China mengatakan, bahwa arsitektur aneh itu tidak ekonomis, tidak fungsional juga, tidak juga estetis dan tidak ramah terhadap lingkungan. Ini semua akan dilarang walaupun tidak ada detail kriteria khusus untuk hal itu.


“Saya tidak kaget dengan berita seperti ini. Semua panduan itu mengarahkan lebih ke arah yang positif karena sebagian gesung di China memang di bangun untuk menonjolkan arsitekturnya yang unik semata – mata tanpa memikirkan fungsi utamanya,” tutur Hao Dong selaku arsitek dan pendiri firma arsitektur Crossboundaries.


Pedoman yang telah dibuat oleh Dewan Negara China ini juga membahas mengenai teknik konstruksi yang mewajibkan pembangunan memakai lebih sedikit sumber daya, misalnua dorongan unutk memakai material prefabrikasi.


Material ini di perkirakan nantinya akan menjadi trend an akan banyak di gunakan dalam 30 persen bangunan yang baru dalam satu dekade ke depan.


James Shen salah satu pendiri People Architecture di Beijing menyatakan struktur prefabrikasi bisa sangat membantu negara memastikan kualitas dan juga biaya perumahan yang lebih rendah.


“kami terus mendengar mengenai tentang meningkatnya biaya perumahan, limbah lingkungannya, juga polusi dan kondisi kerja yang sangat buruk. Pengawasan lainnya yang berasa di industry bangunan dan peningkatan efisiensi produksi juga bisa membantu mengurangi hal – hal tersebut.” Tambah James Shen

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita