116 Selasa, 02 Februari 2016 | 17:26:17

Harga Jual Properti di China Melonjak Akibat Disneyland

Harga Jual Properti di China Melonjak Akibat Disneylandinsightsandsounds.blogspot.com

Tidak semua harga property di China melonjak, hanya disekitar Disneyland saj anantinya. Kenapa? Karena untuk pertama kalinya Disneyland di China dibuka pada tanggal 16 Juni 2016 untuk umum setelah masa konstruksi 5 tahun dan penundaan sekali.


Agen tour dan hotel menggelar paket yang menarik agar pengunjung lebih tertarik. Mereka menargetkan ada sekitar 15 juta pengunjung nantinya dalam pembukaan pertama ini.


Pembukaan Disneyland ini masih sekitar 5 bulan lagi, tetapi sudah ada keajaiban yang terjadi di sekitar Disneyland tersebut, yaitu ternyata harga rata-rata residensial disekitar Disneyland Shanghai sudah melonjak 20% pada bulan januari ini.


Ini sangat berbanding terbalik dengan ramalan lembaga pemeringkat Moody’s yang menyatakan bahwa pertumbunhan property di China hanya berada di 0%. Kenyataan awal tahun ini tidak terjadi seperti itu.
Salah satu investor yang membeli property dekat dekat Disneyland Shanghai adalah Liu Zhicai, Eksekutif Sumber Daya Manusia.


Zhicai membeli apartemen dengan luas 50 meter persegi. Apartemen ini dibeli Zhicai pada tahun 2012 dengan harga 10.500 yuan atau sekitar Rp 21,8 juta/meter perseginya. Dan sekarang harga itu seudah meningkat menjadi tiga kali lipat harga awal.


Zhicai membeli apartemen ini bukan sebagai tempat tinggalnya melainkan sebagai investasinya. “Dengan harga yang nantinya akan semakin naik, saya bisa mengganti dengan investasi property yang lain di masa depan,” kata Zhicai


Kota-kota di dekat Disneyland Shanghai telah berkembang pesat sejak tahun 2009, baik infrastrukturnya maupun gaya hidupnya. Karena fasilitas dasarnya yang membuat para pembeli tertarik .
Rencananya akan adanya konversi 1000 rumah di kota-kota terdekat untuk mengantisipasi ledakan wisatwan yang datang.


Tetapi ini semua tergantung terhadap rencana yang sudah disusun pemerintah untuk mengembangkan daerah, menurut para analis terkait dengan harga rumah yang akan terus naik.


Menurut Shao Minghao, Direktur Riset Data Urban Surveyor, dampaknya kan terlihat jelas dan terasa pada awal perencanaan. Tetapi ketika manfaatnya seperti infrastruktur dan fasilitas awal telah selesai, harga biasanya akan jatuh.


Walaupun begitu agen tur dan hotel sangat mengharapkan kehadiran Disneyland ini bisa membuat ledakan dalam pariwisata.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita