324 Sabtu, 09 Januari 2016 | 13:20:48

Kiblat Properti di Jazirah Arab Ada di Abu Dhabi

Kiblat Properti di Jazirah Arab Ada di Abu Dhabipropertyfinder

Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) saat ini menjadi kiblat properti di jazirah Arab, hal ini berdasarkan sumber dari JLL bahwa sektor properti sewa di Abu Dhabi mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Pada beberapa daerah di Abu Dhabi pada tahun lalu mengalami kenaikkan untuk harga sewa naik hingga 7 persen.  Meskipun demikian, jumlahnya masih jauh lebih rendah jika dibanding pada tahun 2013 dan 2014.

Dilihat dari pasar properti Abu Dhabi tidak kalah dengan negara tetangganya yakni Dubai. Pasar properti di Abu Dhabi  masih sangat terbuka lebar. Sehingga untuk kedua kota ini dianggap sebagai kiblatnya sektor properti di semenanjung Arab.

Pembangunan di Abu Dhabi terus berjalan bahkan banyak proyek-proyek baru yang direncanakan akan dibangun, contohnya Mamsha di Saadiyat Island yang merupakan salah satu  Perusahaan Investasi dan Pengembangan Pariwisata di Abu Dhabi.

Selanjutnya Ansam, Maya dan West Yas yang berlokasi di Yas Island dari Aldar Group, Al Hadeel di Raha Beach serta dari Aldar Group.

Setelah  dihantam oleh adanya krisis finansial global yakni pada tahun 2008 yang lalu berakibat pada pembangunan beberapa proyek yang tertunda, permintaan properti kembali menguat.

Properti sewa di Abu Dhabi terus mengalami kenaikan selama kurun waktu tujuh tahun terakhir ini dengan kisaran angka antara  5 sampai 7 persen.

Penyebab adanya kenaikan ini sebagian besar disebabkan  pasokan minim yang tidak seimbang dengan jumlah populasi dimana jumlah populasi terus bertambah.

Berdasarkan catatan dari Pusat Statistik Abu Dhabi, tingkat pertumbuhan penduduk di Abu Dhabi rata-rata tahunan berkisar antara 7,6 persen yakni pada  tahun 2005 dan 2014.

Apabila hal ini terus berlaku, maka populasi akan terus melebihi pasokan perumahan dan sewa akan terus bertambah.

Turunnya harga minyak dunia masih belum mendapat reaksi dari para investor. Saat ini para investor masih melakukan aksi wait and see.  

Meningkatnya harga sewa yang terus menerus dan cenderung berkelanjutan seharusnya dapat memberikan sinyal kenaikan transaksi pada penjualan.

Namun demikian di antara harga sewa dan kenaikan transaksi masih berada pada tingkat ketidakpastian yang terpisah. Oleh karena itu menyebabkan imbal hasil (yield) investasi properti semakin besar dan beberapa investor lebih percaya diri untuk menarik investor lainnya.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita