254 Jum'at, 27 November 2015 | 11:38:17

Toilet Dengan Bangunan Unik dan Termahal di AS

Toilet Dengan Bangunan Unik dan Termahal di ASGlobal

Negeri yang terkenal dengan julukan negeri Paman Sam ini memiliki beraneka ragam bangunan yang unik mulai dari sebuah gereja, museum hingga toilet umum yang terletak di kota Minturn, Colorado, Amerika Serikat.

Toilet tersebut menjadi salah satu toilet yang terpilih sebagai toilet terbaik diseluruh negeri Paman Sam dalam ajang Kontes Toilet Terbaik Cintas America 2015 walaupun usia bangunan toilet tersebut masih kurang dari satu tahun, tetapi sudah menjadi juara dalam ajang tersebut.

Pembangunan toilet umum dikarenakan banyaknya pengunjung Pasar Minturn yang hampir mendekati jumlah 40.000 orang, maka dibuatlah toilet tersebut. Janet Hawkinson merupakan orang di balik layar yang bertanggungjawab terhadap desain dan konstruksi bangunan dari toilet umum tersebut.

Menurutnya, dengan populasi penduduk di Minturn yang saat ini telah mencapai angka 1.200 orang, dirinya bercanda bahwa penduduk Minturn mengikutsertakan 400 ekor rusa sebagai bagian dari komunitas mereka.

Minturn merupakan kota yang memiliki sejarah pertambangan. Pembangunan toilet umum tersebut  menjadi batu loncatan untuk konsep pembangunan lainnya di kawasan Minturn.

Toilet umum Minturn ini dibangun di luar area pertambangan dan sudah dipasang pada bulan Maret tahun ini. Bentuk dan ukurannya mirip kios dengan ukuran 8 x 8 dan tinggi 10 kaki atau 3,04 meter, toilet umum ini menggunakan bahan dasar kayu dan baja untuk memberikan sentuhan fungsi seni di Jalan Toledo, Eagle Park.

Direktur Konstruksi dan Desain Proyek Toilet Umum Minturn, Janet Hawkinson, mengatakan bahwa toilet umum kami menunjukkan bagaimana perpaduan seni, arsitektur, dan kreativitas mampu mengubah mood, tempat, serta masyarakat.

Bentuknya yang lain dan tidak sewajarnya seperti layaknya toilet membuat orang tidak mengira jika bangunan itu adalah sebuah toilet. Toilet tersebut di bangun dengan berhadapan yang satu untuk wanita dan yang satu untuk pria dan terpisah beberapa meter dengan desain potongan kayu sebanyak 320 unit.

Bentuknya yang digital fabrikasi serta unik dari kedua toilet yang berhadapan satu sama semakin unik ditambah dengan pintu masuk yang mirip dengan pintu masuk tambang Gunung Rocky

Tanpa menghilangkan rasa suka dan penasaran, toilet pria digambarkan dengan gambar seekor rusa bukan kelinci, sedangkan di kamar mandi wanita dicat warna pirus dan yang kamar mandi laki-laki diberi warna tembaga dengan motif kupu-kupu tembaga yang berada di langit-langitnya.

Bahan yang digunakan untuk membangun toilet tersebut menggunakan bahan yang mudah dibersihkan sehingga menyulitkan perilaku vandalisme untuk mencorat-coret dinding tersebut.

Proyek pembangunan toilet umum menghabiskan ribuan dollah Amerika dan pengerjaannya dikerjakan oleh komunitas lokal Minturn. Seperti studio model LGM 3D yang diberi tugas utuk memotong kayu sementara LaN Architecture bertanggungjawab atas desainnya dan arsitekturnya.

Dengan kemenangan ini, berarti telah menunjukkan  kepada dunia apa yang bisa dicapai jika semua orang bekerja bersama-sama untuk menciptakan sesuatu yang mengesankan dan yang menkajubkan, seperti apa yang kami lakukan di kota kecil Minturn," tutur Hawkinson.

Untuk total seluruh biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan Toilet umum Minturn ini sekitar 9.000 dollar AS atau setara dengan Rp 123,2 juta untuk bangunannya, desain, dan pipa air. Setengah dana tersebut didapatkan melalui hibah dari Elang Country yang mendukung pembangunan toilet tersebut.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita