231 Rabu, 25 November 2015 | 11:07:05

Bangunan Unik Museum Manila Mirip Goa Zaman Neolitik

Bangunan Unik Museum Manila Mirip Goa Zaman Neolitikinhabitat

Museum merupakan sebuah tempat yang menyimpan sejarah bagi setiap negara dan diabadikan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjasa memperjuangkan negera dan melawan musuh.

Oleh karena itu, salah satu perusahaan Jepang yang menamakan dirinya Kengo Kuma & Associates berniat untuk membangun museum yang memiliki luas 9.000 meter persegi yang berada di ibu kota Filipina, Manila.

Pada saat pameran sejarah yang diadakan di dalam sebuah Museum of Indigenous Knowledge atau Museum Pengetahuan Adat, dimana yang dimulai di zaman Neolitik Filipina, dan terinspirasi dari bangunan estetika berbatu dengan konsep yang sangat bagus dan memiliki keindahan yang unik.

Dimuseum tersebut juga akan ditumbuhi oleh tanaman tropis di sekitar tepi air terjun dan kolam, yang nanti tumbuhnya akan diatur agar tumbuh ke dalam jurang. Tanaman ini yang akan membuat pengunjung ke pusat gedung yang terbuka.

Tanaman tropis tersebut akan naik dan menutup setiap sudut pada bagian luar struktur, dimana merupakan hasil dari upaya untuk memperkenalkan alam ke perkotaan. Dengan memakai konsep tersebut, sang arsitek bermaksud membangun sebuah museum yang memiliki ornamen alami dan organik dengan menggabungkan antara air dan penghijauan di ruang yang berbentuk gua tersebut.

Arsitektur ini justru sangat bertentangan dengan citra museum yang lebih sering dikenal sebagai kotak tertutup. Hal tersebut merupakan upaya untuk menghidupkan kembali sebuah kehidupan bersama dengan alam dan sejarah di lingkungan perkotaan.

Di museum tersebuh akan dibuat sebuah cafe dan toko yang menempati area di samping jurang pada tingkat dasar bangunan, sedangkan untuk galeri terletak di sekitar tepi fitur pusat pada empat lantai  di atas.

Untuk ruang pameran dan lahan parkir mobil akan berlokasi untuk sementara di ruang bawah tanah. Adapun dinding luar bangunan dibuat terjal dan tertutup tanaman. Sedangkan untuk galeri interior dan eskalator akan menonjol dengan permukaan yang bertekstur anyaman dan langkan kaca.

Sebuah museum yang sangat unik dan pastinya akan membuat para pengunjung terpesona dan terpukau dengan keindahan desain arsitektur yang di buat oleh sang arsitek dari negeri sakura ini, dan akan menjadi museum yang paling diminati di negara Philipina.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita