198 Selasa, 24 November 2015 | 09:37:02

Perpustakaan Raja Fahd Menjadi Arsitektur Terbaik Tahun In

Perpustakaan Raja Fahd Menjadi Arsitektur Terbaik Tahun InKompas

Negara penghasil minyak terbesar di dunia Arab saudi memang layak dibanggakan. Pasalnya, baru-baru ini Arab Saudi dinobatkan sebagai negara yang mempunyai arsitektur terbaik untuk tahun ini.

Hal ini dapat dilihat dari adanya bangunan sebuah perpustakaan King Fahd National Library (KFNL) yang berada di Riyadh, Arab Saudi, terpilih sebagai karya arsitektur terbaik tahun 2015 oleh program dunia A+Award.

Perpustakaan KFNL menempati urutan teratas dari tujuh bangunan yang dipilih sebagai arsitektur inovatif terbaik tahun ini. King Fahd National Library terpilih dikarenakan memiliki keunggulan struktur bangunan yang ramah lingkungan.

Para juri menilai KFNL telah sesuai dengan standar internasional dan mampu memenuhi tantangan perubahan iklim yang berada di wilayah tersebut. Fleksibilitas dan inovasi menjadi salah satu faktor terdepan dalam pembuatan KFNL. Dengan adanya dua faktor tersebut membuatnya tidak memakai energi yang berlebihan dan menjadikannya sebagai bangunan yang berada di atas standar arbitrase.

Untuk tata pencahayaan dan aliran udaranya mereka menggunakan dengan cara alami, agar dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung ketika berada di dalam KFNL. Hal itu juga yang membuat KFNL tidak banyak menggunakan energi.

Perpustakaan ini terdiri atas kabel baja yang mempunyai fungsi untuk lapisan isolasi agar dapat mencegah dinding menyerap panas matahari. Kabel baja tersebut  juga berguna untuk mendorong pendinginan pasif ke semua lantai dalam perpustakaan.

Dengan demikian perpustakaan King Fahd National   Library ini di nobatkan menjadi perpustakaan yang memiliki arsitektur atau desain dengan ramah lingkungan dan menjadi salah satu kebanggaan orang Arab Saudi.

Kini, perpustakaan King Fahd National Library menjadi tempat yang nyaman bagi mereka yang ingin membaca buku dan meminjam buku atau hanya sekedar menikmati indahnya bangunan perpustakaan tersebut.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita