55 Rabu, 07 Oktober 2015 | 16:17:12

Bangunan Tua Milik Sang Kapten Penemu Benua Australia

Bangunan Tua Milik Sang Kapten Penemu Benua AustraliaWordpress

Sebagian orang pasti ingat dengan sang kapten yang satu ini, dialah Kapten James Cook penemu benua Australia, pria pemberani dan gagah ini berasal dari negara Inggris.

Tidak pernah menyangka bahwa kita masih dapat melihat rumah dari seorang Kapten penemu benua australia ini, kondisinya pun masih terawat sangat baik.

Rumah yang saat ini berada di salah satu daerah di Australia ini, dahulunya terletak di salah satu daerah di Inggris, namun karena sesuatu hal maka rumah tersebut bisa berada di negra Australia.

Dengan bahan material yang dibawa langsung dari London itu, kini sudah berada di Fitzroy Garden, Melbourne. Dimana adalah sebuah taman asri dan indah yang terletak di tengah ibu kota Negara Bagian Victoria tersebut.

Desain taman tersebut mempunyai bentuk segi empat dengan dibuat jalur bagi pejalan kaki yang membentuk sebuah garis seperti Union Jack atau bendera Inggris. Barulah kemudian di tengah-tengah jalur tersebut terdapat rumah Kapten Cook.

Rumah sang Kapten dibuka untuk umum, jadwal bukanya mulai dari pukul 09.00 pagi sampai pukul 17.00 sore. Pada saat malam, di area taman tersebut menjadi salah satu tempat favorit bagi para pelari malam alias night jogger. Karena terlihat banyak pelari yang mengelilingi taman selepas jam kerja.

Rumah James Cook pada mulanya dibangun di kawasan pedesaan di Inggris, yang bernama Great Ayton, North Yorkshire dan oleh orang tuanya pada tahun 1755 dijual ke pemerintah Inggris.

Sampai akhirnya, rumah tersebut dijual kepada orang kaya Australia, yaitu Russell Grimwade seharga 800 poundsterling. Rumah itu akhirnya dihancurkan menjadi bata per bata, dan lalu dimuat ke dalam peti sebanyak 253 peti dan 40 barel guna dibawa oleh kapal Port Dunedin. Tidak hanya rumahnya saja yang dpindahkan, tetapi juga tanaman yang terdapat di halaman dan sekeliling rumah.

Kemudian, Orang kaya asal Australia yang sangat dermawan itu akhirnya membuat dan mendirikan kembali rumah James Cook di kota Melbourne, Autralia dan dihibahkan kepada pemerintah Victoria pada tahun 1934, sebagai wujud dari kekaguman dan rasa bangga kepada Kapten James Cook.

Saat ini rumah yang sangat bersejarah tersebut  menjadi daya tarik bagi turis lokal maupun asing. Pada tahun 1978 akhirnya rumah tersebut resmi direnovasi agar bisa bertahan lebih lama lagi dan samapi saat ini tetap terlihat historinya dan menjadi kebanggan bagi warga Australia.

 

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita