225 Rabu, 30 September 2015 | 09:05:24

Zaha Hadid Raih Penghargaan Sebagai Arsitek Inggris

Zaha Hadid Raih Penghargaan Sebagai Arsitek InggrisTribun News

Banyaknya jumlah arsitek saat ini, membuat diadakannya suatu program anugerah bagi para arsitek. Dalam acara anugerah arsitektur Inggris yang telah di setujui oleh Ratu Elizabeth II.

Salah  satu arsitek wanita kelahiran Irak dinobatkan sebagai pemenang di acara RIBA (Royal Institute of British Architects).

Zaha Hadid, arsitek wanita ini memenangkan medali emas RIBA untuk kategori arsitektur, dan ini pertama kalinya penghargaan bergengsi itu dimenangkan seorang perempuan.

Arsitek yang aslinya berasal dari Irak tersebut, sebelumnya telah memenangkan berbagai penghargaan tertinggi untuk kategori arsitektur, dan diberi gelar ningrat Inggris, Dame, tahun 2012 karena pencapainnya.

Medali emas tersebut dianugerahkan oleh Royal Institute of British Architects (Riba), yang telah  disetujui secara pribadi oleh Ratu Elizabeth II, sebagai bukti pengakuan atas karya-karya dan pencapaiannya sepanjang hidupnya.

Ketua penyelenggara acara RIBA, Jane Duncan, menyebut Zaha Hadid sebagai salah satu tokoh hebat yang sangat berpengaruh secara global di bidang arsitektur.

Begitu eksperimental, tertata ketat, presisi, karya-karyanya mulai dari bangunan hingga perabot, alas kaki hingga mobil, sangat disenangi dan di sukai di seluruh dunia.

Dame Zaha, begitu panggilannya saat ini, sebelumnya telah dua kali memenangankan Riba Stirling Prize, anugerah asitektur Inggris paling bergengsi.

Anugerah tersebut diperolehnya pada tahun 2010 untuk Museum Maxxi di Roma, dan pada tahun 2011 untuk Evelyn Grace Academy di Brixton.

Pada tahun 2004, ia di nobatkan sebagai perempuan pertama yang memenangkan Pritzker Architecture Prize.

Tahun 2014, Heydar Aliyev Centre di Baku, Azerbaijan yang dirancangnya, mendapat penghargaan dengan Design Museum Design of the Year Award yang di buatnya, hal ini juga menjadikannya seorang perempuan pertama yang memenangkan hadiah itu.

Desain bangunan  serta rancangannya yang unik dapat kita lihat dan ditemukan di Guangzhou di China hingga Glasgow, Skotlandia.

Kini nama beliau selalu disebut dan menjadi perbincangan dalam rencana pembangunan Gedung Kesenian Bandung, oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang juga seorang arsitek terkemuka yang ada di Indonesia.

 

Sumber :Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita