293 Selasa, 15 September 2015 | 10:46:22

Crane Yang Roboh Di Masjidil Haram Bukan Milik PT Waskita

Crane Yang Roboh Di Masjidil Haram Bukan Milik PT Waskita kompas

Salah satu perusahaan kontraktor terbesar yaitu PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menyatakan, bahwa mesin derek (crane) proyek yang jatuh di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, adalah bukan milik perseroan.

Antonius Yulianto, Sekretaris Perusahaan WSKT itu mengatakan, bahwa mesin derek proyek (crane) yang jatuh pada saat musibah badai pasir itu bukan milik kami.

Antonius Yulianto menjelaskan, bahwa untuk ruang lingkup pekerjaan dari perusahaan kami adalah hanya memasok beton untuk pembuatan kolom dan balok (beam).

Mengenai aktivitasnya yang sedang dilakukan saat ini yaitu melaksanakan fabrikasi pembesian kolom untuk Masjidil Haram dan pengerjaannya dikerjakan di workshop yang berlokasi 10 kilometer (km) dari proyek masjid tersebut.

Untuk masing-masing kolom mempunyai ukuran yang bervariasi dari 2,7 x 2,7 meter hingga 1,6 x 1,6 dengan tinggi 9 meter dan berat mencapai 30 ton. Sedangkan untuk balok (beam) ukurannya lebih bervariasi dan yang paling besar berukuran 1,8 x 1,4 meter dengan panjang 11 m. “Tutur Antonius”.

Pada tahun 2013, salah satu badan usaha milik negara (BUMN), PT Waskita Karya Tbk (WSKT) selain menjadi subkontraktor dalam renovasi Masjidil Haram di Mekkah, perusahaan kontraktor ini juga akan ikut dalam proyek perluasan Masjid Nabawi, di Madinah, Arab Saudi.

Adi Wibowo selaku Direktur PT Waskita Karya menjelaskan, untuk proyek renovasi Masjidil Haram akan dilakukan dalam beberapa tahap dan akan memakan waktu empat sampai lima tahun kedepan.

Jadi dalam musibah jatuhnya mesin derek proyek (crane) yang terjadi di masjidil haram dan menewaskan ratusan jemaah haji yang sedang melakukan ibadah sholat maghrib, dimana terdapat 2 jemaah Haji Indonesia yang tewas dan menjadi korban dari jatuhnya crane tersebut, serta ratusan jemaah haji yang terluka dan masih di rawat secara intensive di rumah sakit dan balai pengobatan yang terdekat.

 

Sumber :Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita