2 Sabtu, 29 Agustus 2015 | 10:47:55

Tempat Pembuangan Sampah Di Sulap Jadi Sawmill House

Tempat Pembuangan Sampah Di Sulap Jadi Sawmill Househypebeast

Di dekat tempat pembuangan sampah ada sebuah blok yang terbuat dari beton dan telah  berhasil disulap menjadi Sawmill House yakni sebuah rumah industri. Ide dari pembuatan Sawmill House ini tak lepas dari hasil kerja kreatif karya tangan firma arsitektur Australia Archier yang telah merancang dan membangun tempat pembuangan sampah hingga menjadi  rumah industri modern, bangunan ini terdiri  dari 270 ton blok beton serta bahan lokal lainnya.

Rumah industri modern ini terletak di Victoria, hunian yang tergolong  pasif hasil karya buatan tangan manusia ini sebagian besar menggunakan fitur fasad mekanik custom-built yang terbuka guna untuk memaksimalkan cahaya alami yang masuk dalam ruangan dan sebagai pergantian udara atau ventilasi. Rumah industri ini dibangun di kawasan bekas tambang emas, dan sebagai salah satu komponen materialnya adalah menggunakan bilah kayu.

Berdasarkan yang telah dikutip dari laman inhabitat mengenai pemakaian bilah kayu adalah untuk memaksimalkan ventilasi silang aliran untuk pendinginan pasif. Pada musim dingin tiba, komponen itu juga memungkinkan akan terserapnya sinar matahari yang digunakan untuk pemanasan pasif.

Pada bagian dalam bangunan rumah industri ini didominasi oleh estetika minimalis yang terbuat dari permukaan kayu dan besi hitam (black metal). Sedangkan untuk ruang makan terbuka, lounge, dan dapur ditempatkan tepat di sisi barat daya rumah serta langsung  terhubung ke dek yakni dengan melalui dinding geser.

Rumah industri ini juga dilengkapi dengan kamar tidur utama yang terletak di antara ruang tamu terbuka dan halaman dalam rumah. Pada ruangan tersebut diberi sebuah dinding yang khusus dirancang untuk mengaburkan batas antara ruang dalam dengan luar ruangan. Sangat menarik bukan? Hasil karya yang bisa dijadikan sebuah inspirasi didalam memanfaatkan suatu tempat yang awalnya tidak enak untuk dipandang menjadi sebuah bangunan yang sangat memukau bagi setiap orang yang melihatnya.

Sumber : beritasatu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita