272 Sabtu, 11 Juli 2015 | 11:33:34

Jepang rencanakan Ketera Cepat Shinkensen di Jakarta - Bandun

Jepang rencanakan Ketera Cepat Shinkensen di Jakarta - BandunIlustrasi

Jepang kembali mengabarkan keinginannya terhadap pembangunan transportasi kereta api cepat dengan Jakarta-Bandung, yaitu Shinkansen. Menurut Perdana Menteri Jepang Hirita Izumi, anggara dari pembangunan kereta api Jakrta-Bandung diperkirakan sebesar Rp 60 triliun, namun angka tersebut belum termasuk biaya pembebasan lahan.

“Kami menawarkan pola pembiayaan 75 persen dari pemerintah Jepang berupa bantuan dana murah dengan bunga 0,1 persen per tahun dengan masa pengambilan 40 tahun. Jika kereta Shinkansen ini sudah jadi, Jakarta-Bandung hanya ditempuh dalam waktu 36 menit,” ujar Izumi usai bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, di Jakarta Jumat (10 Juli 2015).

Jepang berjanji dalam proyek ini 50 persen pekerjaan pembangunannya akan dilaksanakan oleh perusahan lokal. Selain itu pengoperasian kereta ini akan dilakukan oleh Indonesia. Menurut Izumi pembangunan kereta api cepat ini memerlukan waktu pembangunan sekitar empat tahun. “Apabila proyek kereta cepat ini dapat direalisasikan di tahun 2016, maka pada tahun 2021 sudah dapat dioperasikan,” kata Izumi menjelaskan waktu pembangunan kereta api cepat tersebut.

Jika telah dioperasikan harga tiketnya sekitar Rp200 ribu. Basuki menerima dengan baik atas proposal yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang mengingat negara ini sudah punya pengalaman mengoperasikan kereta Shinkansen hampir 50 tahun. Untuk itu Basuki berharap Izumi dapat berhasil meyakinkan pemerintah Indonesia ketika mempresentasikan proyek kereta tersebut saat di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dengan memberi bagian 50 persen proyek pekerjaan kepada perusahaan lokal kita akan mendapatkan transfer teknologi sehingga sumber daya manusia di Indonesia pada bidang konstruksi dan teknologi perkeretaapian juga meningkat. Saya juga menginginkan unit kereta tersebut agar dapat dikerjakan perakitannya di Indonesia,” ujar Basuki.


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita