400 Kamis, 25 Juni 2015 | 11:01:29

Rp 3 Triliun Untuk Perbaikan Istana Keluarga Kerajaan Inggris

Rp 3 Triliun Untuk Perbaikan Istana Keluarga Kerajaan InggrisKompas

Istana Buckingham kediaman Ratu Elizabeth II sedang diadakan renovasi. Ratu Elizabeth II kemungkinan besar akan pindah dari Istana Buckingham untuk sementara waktu, agar para pekerja disana dapat leluasa memperbaiki bangunan antik kuno tersebut.

Dana yang keluar untuk merenovasi bangunan berusia 300 tahun tersebut mencapai 240 juta dollar Amerika serikat atau berkisar Rp 3,1 triliun. Biaya tersebut untuk memperbaiki istana pada bagian atap, penggantian pipa-pipa air yang telah bocor, penggantian kabel-kabel yang sudah lapuk, dan dekorasi istana yang perlu dilakukan perbaikan.

Anggaran dana perbaikan istana tersebut memang belum disetujui, namun keluarga kerajaan sebagai penghuni istana mungkin akan meninggalkan istana yang berlokasi di London itu untuk sementara waktu.

Beberapa pilihan temapat yang akan ditempati keluarga kerjaan Ratu Elizabeth II jika mereka harus pindah dari Istana Buckingham antara lain, Istana Windsor di London Barat, Kastil Balmoral di Skotlandia, Istana Holyrood di Edinburgh, dan Sandringham House di Norfolk.

Istana Buckingham sudah menjadi tempat tinggal resmi keluarga kerajaan Inggris sejak tahun 1837, awalnya istana itu dibeli oleh Raja George III untuk istrinya Ratu Chalotte dan kini menjadi tempat tinggal keluarga kerjaan.

Istana Buckingham memiliki total kamar adalah 775 kamar, total tersebut telah termasuk 188 kamar untuk para staf dan 52 kama untuk para tamu kerajaan.

Awal tahun 2014, anggota parlemen menuduh pihak kerajaan membiarkan begitu saja masalah perbaikan istana. Sehingga terdapat kabel-kabel yang telah berusia 60 tahun yang seharusnya telah diganti dan terdapat asbes yang telah harus diganti.

Sementara itu, para aktivis yang menginginkan Inggris meninggalkan sistem monarki mengatakan biaya tahunan untuk keluarga kerajaan yang diambil dari uang pajak rakyat mencapai 334 juta poundsterling setahun, jika berbagai biaya keamanan diikutsertakan.

Sehingga, para aktivis ini mengatakan keluarga kerajaan Inggris sebaiknya meninggalkan Istana Buckingham secara permanen jika tak mampu lagi membiayai pemeliharaan tempat itu.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita