283 Selasa, 23 Juni 2015 | 13:05:12

Markas FBI Amerika Serikat, Tahan Ledakan dan Badai

Markas FBI Amerika Serikat, Tahan Ledakan dan BadaiKompas

Markas Besar agen Federal Bureau of Investigation disingkat FBI ini di rancang oleh Krueck dan Sexton Architect. Bangunan dengan luas 35.000 meter persegi dan berdiri diatas lahan seluas 81.000 meter persegi ini berlokasi di Mirimar, South Florida, Amerika Serikat.

Gedung yang hemat energi dengan memaksimalkan cahaya yang masuk pada waktu siang hari. Gedung ini pun dibangun sesuai dengan iklim, lingkungan alam dan kebutuhan lembaga setempat. Gedung ini pun terhubung dengan masyarakat sekitar, dan dengan keamanan yang cukup tinggi.

Markas dengan bentuk bangunan menyerupai huruf H ini menciptakan paradigma kerja yang berfokus pada peningkatan efektifitas para agen, diwujudkan dengan cara akses maksimal terhadap cahaya di siang hari dan pemandangan lingkungan sekitar.

Fasad bangunan dari kaca, memungkinkan pandangan yang luas atas taman di sekitarnya. Bagian luar gedung ini terdiri dari unit jendela terisolasi, yang dirancang untuk menahan ledakan dan badai.

Selain itu, bangunan ini juga memiliki berbagai pelapis kaca yang dikombinasikan dengan eksterior logam tabir surya berlubang. Eksterior ini diaplikasikan untuk memaksimalkan pencahayaan interior namun tetap terkontrol sehingga tidak silau berlebihan. Baik gedung kantor dan situsnya menawarkan pengalaman berbeda. Tidak seperti fasilitas federal lainnya bagi para staf dan pengunjung.

Sebagai bagian dari program GSA Art-in-Arsitektur, patung dari kayu cendana setinggi 7 meter yang dibuat Ursula von Rydingsvard akan ditempatkan di dekat pintu masuk lobi atrium. Saat menaiki tangga lobi, pengunjung akan berada sangat dekat dengan tubuh patung, sehingga merangsang pengalaman fisik dan sensorik.

Gedung senilai 194 juta dollar AS (Rp 2,6 triliun) ini, didedikasikan untuk dua agen yang tewas dalam baku tembak pada 1986, yaitu Benjamin P. Grogan and Jerry L. Dove. Keduanya tertembak oleh perampok bank bersenjata lengkal di selatan Miami.

Markas baru FBI ini mampu menampung lebih dari 1.000 staf sehingga menghemat 11 juta dollar AS per tahun jika harus menyewa tempat lain. Gedung untuk divisi bidang Miami adalah gedung FBI keempat terbesar di Amerika Serikat. Selama 28 tahun, markas FBI South Florida terletak di North Miami Beach.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita