253 Jum'at, 19 Juni 2015 | 11:01:14

Negara Termahal, Cuma Sewa Apartemen Jelek Rp 90 Juta Sebulan

Negara Termahal, Cuma Sewa Apartemen Jelek Rp 90 Juta SebulanBewara

Kota termahal di dunia kembali dikantongi oleh Ibu Kota Angola, Luanda. Kota tersebut dianggap termahal oleh para ekspatriat, berdasarkan survei konsultasi Mercer, menjelaskan bahwa kota Luanda ini telah tiga tahun berturut-turut menempati urutan tertinggi kota termahal di dunia.

Mercer adalah satu dari beberapa lembaga atau perusahaan yang mengeluarkan daftar tahunan kota-kota termahal di dunia. Daftar semacam ini biasanya dipakai sebagai salah satu acuan besaran gaji karyawan asing.

Faktor yang menyebabkan Kota Luanda menjadi sangat mahal adalah karena tiga faktor utama, diantaranya tingginya harga sewa, barang-barang impor sangatlah mahal, dan biaya yang dikeluarkan cukup besar untuk pengamanan. Tiga hal tersebut membuat harga kebutuhan lainnya ikut meroket, dan menyebabkan tukar mata uang Angola pun melonjak.

Bahkan untuk menyantap makanan cepat saji pun, disana kita memerlukan uang cukup besar, yaitu 17 dolar AS atau berkisar Rp 226.000, tidak hanya disitu, untuk mempunyai satu potong celana jeans baru saja dihargai dengan 250 dolar AS itu berkisar Rp 3,3 juta.

Dengan keadaan seperti itu bisa dibayangkan berapa tingginya harga properti disana. Untuk menyewa satu unit apartemen yang “jelek” saja mencapai 6.800 dolar AS, atau berkisar Rp 90,7 juta setiap bulannya.

Berawal dari tahun 2010 kota pelabuhan ini selalu meraih gelar kota termahal di dunia, kecuali saat tahun 2012, ketika itu kota termahal di dunia adalah Tokyo, Jepang.

Kota termahal di dunia yang menjadi kota terkenal di Asia antara lain, pada urutan dua ditempatkan oleh Hongkong, pada urutan keempat ditempatkan oleh Singapura, urutan keenam ada Shanghai, urutan ketujuh ada Beijing, dan urutan kedelapan ada Seoul.

Pada tahun 2015 Tokyo bisa sedikit bernafas, dikarenakan tidak terdaftar dalam sepuluh besar kota termahal di dunia, namun hanya mengantongi urutan kesebelas atas kota termahal, karna di tahun-tahun sebelumnya Tokyo selalu menempati peringkat atas dalam survei kota termahal. Hal ini disebabkan nilai pertukaran yen atas dolar AS melemah.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita