230 Rabu, 17 Juni 2015 | 16:23:07

Desain Gedung 2 WTC di New York Seperti Tangga

Desain Gedung 2 WTC di New York Seperti TanggaHousing Estate

Sangat membekas tragedi WTC di New York, cukup terkenal seantero jagat kehadian tahun 2001 yang menimpa pusat kota New York tepatnya di menara World Trade Center (WTC).

Dari kejadian tersebut pemerintah New York merencanakan untuk tapak tersebut dijadikan tempat pariwisata, dan lingkungan sekitarnya dijadikan pusat bisnis. Yang akan dibangun lima gedung baru dengan label Word Trade Center (WTC).

Gedung pertama sudah berdiri dan menjadi gedung tertinggi di New York, selanjutnya gedung ke-2 baru-baru ini dilansir oleh pengembang WTC. Jika sebelumnya tower WTC serupa dengan potongan berlian dan empat sisinya dirancang oleh Norma Foster.

Bjarke Ingels selaku arsitek memaparkan bahwa kedua WTC ini akan dirancang dengan bentuk terasering, yaitu pada bagian paling atas dibuat area hijau, dan gedung berbentuk semakin keatas semakin kecil.

Dengan 80 lantai yang merupakan kompasisi yang unik teras-teras yang didapat membentuk yaman seluas 3.500 m2, dan akan ditumbuhi pohon-pohon rimbun.

Perubahan desain gedung setinggi 408 meter ini, gedung tertinggi kedua di lokasi WTC, demi memenuhi permintaan kebutuhan ruang dua calon pengisi utama gedung. Menurut Larry Silverstein, mereka adalah perusahaan media besar 21st Century Fox Inc dan News Corp. “Kami mengenalkan gedung ini seakan rumah di antara Tribeda dan WTC,” kata Ingles dalam penyataannya melalui Silverstein.

Dari arah Tribeca, daerah yang dipenuhi oleh loft dan taman-taman di atap, gedung ini seperti sebuah kampung vertikal yang ada dalam sebuah gedung, yang saling terkait dan menciptakan taman dan plaza di langit. Sementara dari sisi WTC, gedung ini menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan gedung-gedung lain di WTC, sehingga membentuk kolom tinggi yang membingkai 9/11 Memorial. “Horisontal bertemu dengan vertikal. Keragaman menjadi kesatuan,” tandas Ingels berfilosofi.

Kepastian dua perusahaan media milik Rupert Murdoch itu sudah didapat pada awal bulan Juni ini. Kedua perusahaan itu akan menjadikan 2 WTC sebagai kantor pusatnya. Kepindahan mereka akan semakin mengukukuhkan daerah Lower Manhattan sebagai pusat media. Sebelumnya di sini sudah ada Conde Nast di 1 WTC, serta Time Inc. dan HarperCollins Publishers, salah satu unit News Corp. di gedung dekat WTC.

 

 

Sumber : Housing Estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita