459 Senin, 08 Juni 2015 | 14:24:29

Kritik dan Pujian Tercucur ke Patung Mirip Vagina di Prancis

Kritik dan Pujian Tercucur ke Patung Mirip Vagina di PrancisBCC

Anish Kapoor berupaya membela diri soal respon kurang baik terhadap karyanya yang dipamerkan di Istana Versailler, Prancis. Yang dianggap oleh banyak orang bahwa patungnya berbentuk vagina, dan hasil seni rupa tersebut dianggap “kotor” atau “jorok”.

Patung tersebut disebut dengan “Pojok Kotor” dan dipasang di pekarangan sekitar istana.

Dalam sebuah wawancara mengenai karyanya, Kapoor memaparkan “vagina ratu yang menuju ke kuasaan,” kata Kapoor, dan beliau mengatakan terbuka untuk umum, bagi siapa pun yang ingin memberikan pendapat terhadap hasilnya tersebut.

Istana Versailler adalah tempat tinggal Marie Antoinette seorang Ratu Prancis, dan permaisuri Raja Louis XVI pada abad ke-18.

Dalam cerita, disebutkan oleh Wali Kota Versailles mengenai hasil cipta Kapoor, “seniman ternama itu (Anish Kapoor) telah “geser”,” kata Wali Kota.

Ada lagi opini dari Dunja, seorang turis Jerman, dia mengatakan “Karya ini membuat saya bingung, ada vagina raksasa di istana,” kata Dunja.

Lanjut paparan Dunja. “Vrsailler, Ini adalah salah satu tempat di Paris yang lumayan terkenal, dan saya sangat ingin mengunjunginya. Tapi ketika saya berkunjung dan melihat patung ini, saya langsung tak mengerti ini apa,” imbuh turis Jerman itu.

Megan, wisatawan lain dari Amerika Serikat pun memberikan pendapatnya mengenai patung tersebut. “Saat anda mengunjungi Versailler anda akan berfikir melihat pemandangan klasik Prancis, dan patung-patung para dewa Romawi yang nampak klasik. Tapi hal itu tidak sesuai dengan patung ini, ini tampak kotor dan jorork,” kata Megan.

Karya seniman Prancis Anis Kapoor yang satu ini menimbulkan banyak kritik yang menghujat karyanya, namun ada pula pujian yang datang diantara banyaknya kritikan.

Kapoor menjelaskan, patung ini memiliki banyak penafisran. Terbukti dia telah banyak meraih penghargaan dalam seni rupa hasil ciptaannya.

Patung yang terbuat dari logam yang berukuran besar itu merupakan salah satu bagian dari instalasi Kapoor yang banyak ditampilkan di Versailler.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita