245 Jum'at, 05 Juni 2015 | 11:13:00

Lahan Pertanian di Atap Gedung SMP di New York

Lahan Pertanian di Atap Gedung SMP di New Yorkbrooklyngrangefarm

Standard Motor Product (SMP) adalah perusahaan manufaktur ternama yang memproduksi berbagai macam spearpart kendaraan bermesin. SMP didirikan sejak tahun 1919 dan kini SMP mempunyai kantor di New York dengan tampilan baru terdapat rancangan lahan pertanian di atap gedunnya.

Lahan pertanian tersebut adalah rancangan atas ide kreatif arsitek BromLey Caldari yang sangat dibantu oleh Acumen Capital Partner LLC dan Brooklyn Grange LLC sebagai perusahaan tim partner yang saling bekerja sama menyulap atap gedung SMP menjadi lahan pertanian.

Lahan atap SMP seluas 300.000 kaki persegi atau berkisar 27.871 meter persegi, dan terletak di Negara New York, Kota Long Island, Amerika Serikat.

Gedung komersial yang mempunyai tujuh lantai tersebut awalnya hanya perusahaan yang menyediakan penyewaan manufaktur. Sejak berdiri tahun 1919 kini perusahaan SMP telah mencakup berbagai macam pelayanan, diantaranya arsitektur, media, film, fasion, desain, dan percetakan.

Dana yang dikeluarkan untuk merancang lahan pertanian tersebut berkisar 10 juta dollar AS atau jika dirupiahkan berkisar 132,6 miliar. Dana tersebut diperuntukan merubah atap gedung kantor SMP.

Melihat dari Negara New York, negara tersebut adalah negara pelopor komunitas pembudidaya bahan pangan organik di atas atap terbanyak, dan komunitas tersebut kini semakin meluas dengan menawarkan pula perternakan di atas atap gedung.

Dari data yang tercatat berkisar 1 juta pon atau 453.000 kilogram tanah telah disebar ke berbagai atap gedung. Tujuan komunitas ini adalah menjadikan gedung sebagai salah satu sistem pertanian atas atap terbesar di dunia.

Perubahan lainnya yang dibuat untuk gedung beratapkan lahan pertanian ini adalah penutup kalwall yang dirubah menjadi jendela dengan rendah emisivitas, hal tersebut akan menjadikan pencahayaan gedung akan lebih terang dan cerah, Kemudian renovasi lainnya pada sistem bangunan dan listrik, kanopi untuk pintu masuk dan lobi, koridor dengan lampu hemat energi, dan kamar mandi yang dirancang agar minim mengkonsumsi air.

Pemeliharaan palet interior yang dibuat minimalis, menggunakan lantai beton, dipasang baja tahan karat, serta sekat gipsum yang dipoles cat. Atas perubahan ini, gedung SMP ini menerima penghargaan dari the Queens Chamber of Commerce dan Green Building Council of New York.

 


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita