132 Kamis, 04 Juni 2015 | 15:50:40

Jepang Cetuskan Toilet dari Kertas Kardus Untuk di Lift

Jepang Cetuskan Toilet dari Kertas Kardus Untuk di LiftIlustration

Toilet memerupakan kebutuhan yang diharuskan disetiap hunian. Dikarenakan faktor tersebut Jepang berinsiatif untuk menyediakan toilet dimanapun, sekalipun di dalam lift.

Rencana Jepang memasang toilet di dalam lift akan direalisasikan pada bangunan-bangunan bertingkat yang ada di negara itu.

Tujuan utamanya selain sebagai kebutuhan, adalah juga dikhawatirkan jika ada seseorang yang terjebak di dalam lift, maka mereka masih dapat buang air.

Rencana tersebut dipertimbangjan oleh asosiasi produsen lift dan para pejabat. Dikarenakan sudah banyaknya korban yang terjebak di dalam lift dalam waktu yang lama. Contohnya yang baru-baru ini terjadi, bencana gempa yang terjadi hari Sabtu 31 Mei 2015 terjadi di kawasan selatan Tokyo, dengan getaran 7,8 skala Richter, terdapat puluhan orang terjebak di dalam 14 lift dalam waktu yang cukup lama yakni lebih dari satu jam.

Meski begitu, hampir semua lift di Jepang jika terjadi gempa akan berhenti otomatis dilantai yang terdekat, namun tak jarang lift di dalam gedung yang terkena gempa malah macet sebelum mencapai lantai tertentu dikarenakan arus listrik yang nonaktif secara tiba-tiba, lift tersebut macet diantara lantai satu dengan lantai lainnya, dan hal tersebut yang membuat korban di dalamnya tak bisa keluar sampai listrik di gedung tersebut kembali dinyalakan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka tercetuslah ide membuat toilet di dalam lift. Material pembuat toilet akan dipilih dengan material yang sangat ringan dan fleksibel.

Agar fleksibel maka material toilet akan terbuat dari kertas kardus yang mudah dilipat-lipat, serta juga dilengkapi dengan kantung kedap air, dan ditambahkan zat penyerap air.

Sebelum tercetus rencana pembuatan toilet di dalam lift, ada beberapa lift yang telah terdapat toilet di dalamnya, namun lift tersebut hanya diperuntukan oleh pengguna dengan usia lanjut.

Toilet terbaru ini akan ada di 620.000 lift di berbagai gedung Jepang dan sekitar 20 persen dari jumlah tersebut akan tersedia di Tokyo.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita