198 Senin, 01 Juni 2015 | 11:08:46

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Harga Lahan di Qatar Meroket

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Harga Lahan di Qatar MeroketTempo

Qatar adalah sebuah emirat terletak di Timur Tengah, semenanjung kecil di Jazirah Arab. Qatar dibatasi oleh Saudi Arabia disebelah selatannya dan sisi-sisi yang lainnya dibatasi dengan Teluk Persia.

Menjadi tuan rumah Piala Dunia berdampak pada kenaikan harga tanah di Qatar meroket tajam, dilansir nilainya mencapai setengah dari seluruh nilai penjualan properti di negeri petrodollar (Arab Saudi), dan lebih tinggi 10 kali dibandingkan negara maju.

Hal tersebut bedampak negatif. Kenaikan harga yang drastis membuat penjualan lahan menjadi sulit, sekalipun yang dijual itu perumahan mewah, tetap saja penjualan properti disana saat ini sedang tak menguntungkan.

Terlebih sektor properti di Qatar masih baru memulai, sektor properti belum menjadi booming disana dikarenakan kebanyakan investor lokal lebih memilih berdagang tanah kosong dibandingkan mengembangkannya menjadikan properti.

Memamg bisa dibilang pertumbuhan penduduk dan ekonomi di Qatar meningkat, dan hal tersebut adalah faktor utama kenaikan harga tanah. Ditambah dipilih sebagai tuan rumah oleh FIFA di acara Piala Dunia tahun 2022.

Data yang diperoleh dari Indeks Harga Properti yang dilansir Bank Central, bahwa tanah, vila dan hunian disana mencapai 271,3 poin di bulan Maret 2015, dari yang sebelumnya 194,5 poin di Januari 2014.

“Akibat harga tanah meningkat berdampak pada sulitnya pengembangan rumah kalangan menengah ke bawah. Menyebabkan Banyak tanah yang dijual dengan harga tak layak,” kata Mark proudly, Direktur Associate DYZ Qatar.

Perkiraan beliau, nilai sewa akan mengalami peningkatan 5-10 persen beberapa bulan mendantang dan di beberapa daerah. Hal tersebut dipengaruhi akibat akomodasi dihampir semua sekrot yang kurang memadai.

Yang akan sangat merasakan dampaknya adalah segmentasi kelas menengah, dikarenakan pasokan yang ada kebanyakan untuk proyek-proyek kelas segmen atas.

Bulan Maret 2015, perolehan properti di Qatar sejumlah 26 miliar riyal, atau berkisar Rp 92,5 triliun. Nilai tersebut meingkat sekitar 50 persen dari tahun 2014.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita