724 Rabu, 27 Mei 2015 | 10:46:55

Akan Dibangun Jalur Kereta Api Melewati Hutan Hujan Amazon

Akan Dibangun Jalur Kereta Api Melewati Hutan Hujan AmazonKaskus

Skema proyek pembangunan jalur kereta api telah disiapkan oleh China, jalur yang menghubungkan dari belahan barat hingga belahan timur Amerika Selatan, yang mana jalur tersebut akan melalui sebagian hutan Amazon.

Dalam skema yang disiapkan China jalur kereta api akan menghubungkan dua pantai dalam Samudra Dunia, yaitu penghubungan pantai Pasifik di Peru hingga pantai Atlantik di Brasil.

Keputusan membangun jalur ketera api tersebut disepakati setelah pengadaan rapat antara Li Keqiang selaku Perdana menteri China dan Ollanta Humala selaku Presiden Peru.

Kini China, Brasil, serta Peru telah memulai mempelajari kelayakan rencana pembangunan ini, pengujian pun tak luput juga dalam proses pembangunannya. Jika terselesaikan, proyek pembangunan ketera api ini akan memiliki panjang 5.300 kilometer atau 3.300 mil.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini akan dilakukan oleh Presiden China Li Keqiang dengan Brasil, saat tur Amerika Latin sekitar awal pekan ini.

Humala, Predisen Peru memaparkan. “Jalur kereta api ini akan mengkonsolidasi letak geopolitik Peru yang menjadi pintu masuk menuju gerbang Amerika Selatan,” katanya.

Panambahan pendapat oleh China, jalur ketera api ini akan mempermudah akses pengiriman bahan pangan, bahan baku dan hasil pertanian, serta menghemat biaya di Benua tersebut.

Hal yang dikhawatirkan oleh tim pelaksanan pembangunan adalah dampak yang akan dialami oleh masyarakat pedalaman di hutan Amazon.

Bagian pedalaman hutan Amazon atau biasa disebut hutan hujan Amazon itu belum pernah tersentuh, dikhawatirkan akan pembangunan ini mempengaruhi keberadaan peradapan ratusan masyarakat disana.

Predisen China, Li berupaya meredakan kecemasan tersebut, dia mengatakan pada pertemuan kerjasama ini “dalam membangun infrastuktur tentunya kita tak boleh mengabaikan pelestrarian lingkungan,” katanya.

Proyek pembangunan ini akan memakan dana mencapai 10 miliar dollar AS, rute jalur kereta ini akan dimulai dari pelabuhan Acu di Brasil, dan akan diakhiri di pelabuhan Peru.

Semoga proyek yang akan mengeluarkan dana besar ini dapat berjalan dengan baik, dan tidak ada pihak yang dirugikan.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita