312 Selasa, 26 Mei 2015 | 11:46:41

Menyusuri Sudut-sudut Jalan Di Singapura Tanpa Macet

Menyusuri Sudut-sudut Jalan Di Singapura Tanpa MacetFacebook

Singapura adalah kota yang tak pernah membosankan apalagi ketika kita menyelusuri jalan-jalan di sudut –sudut kota tersebut tanpa adanya macet yang bikin pusing kepala. Terkadang saat dijalan kita dihadapi dengan pilihan dimana kondisi lalu lintas tapi berbeda dengan kondisi di Singapura kita hanya berada pada pilihan bebas hambatan bebas dari kemacetan serta fasilitas publik yang memadai, transportasi yang aman,nyaman, efektif, menyenangkan dan murah.

Singapura mampu menata wilayahnya sedemikian baik  serta dapat memanjakan masyarakatnya. Apa rahasianya? Kuncinya hanya pada strategi perencanaan jangka panjang dan tata guna lahan untuk transportasi terintegrasi. Konsep yang dipilih oleh Singapura didalam melakukan kebijakan perencanaan kotanya adalah dengan menyusun dan merevisi yang dilakukan secara berkala. Perencanaan konsep ini berlaku sejak tahun 1971 kemudian di perbaharui dan direvisi pada tahun 1991, 2001 dan 2013, dan akan terus berlaku hingga tahun 2030. Concept Plan ini dijabarkan oleh pemerintah Singapura menjadi sebuah rancangan induk atau masterplan yang dievaluasi setiap lima tahun sekali.

Sepenuhnya concept plan dan pelaksanaannya adalah melalui mekanisme instruktif dari atas ke bawah (top-down). Concept plan ini ditegaskan dalam sebuah dokumen yang berisikan pelaksanaan rancangan induk dengan target besar yang sangat rigid yaitu didalam pemenuhan penyediaan perumahan rakyat yang terjangkau, lingkungan hidup yang nyaman, sejuk dan asri serta menjaga keragaman hayati, mobilitas penduduk dan menjaga gedung-gedung bersejarah yang ada kota Singapura.

Adanya perkembangan zaman, mulailah bermunculan kebijakan yang berbasis aspirasi masyarakat (bottom-up) yaitu berupa konsultasi publik serta penekanan pada kenyamanan hidup masyarakat.

Dalam hal ini pemerintah tetap secara holistik mengatur ketat. Pemerintahan Singapura menciptakan formulasi sistem transportasi publik melalui Land and Transportation Authority (LTA) terintegrasi dengan pengembang perumahan, jasa transportasi, fasilitas umum dan pilihan moda transportasi yang aman, nyaman dan efektif. Awal dari penataan transportasi sistematis ini diawali dari pemberlakuan jalan berbayar atau yang disebut electronic road pricing (ERP).

Dampak dari perjalanan diberlakukannya ERP ini secara signifikan mampu mengurangi populasi kendaraan, walaupun kepadatan akan kendaraan untuk menuju pusat kota Singapura dapat dibatasi. Sebab itulah, pemerintah Singapura kemudian memperbaharui kembali sistem ERP tahap dua.

ERP tahap dua ini sebenarnya merupakan pembaharuan dan generasi baru ERP pada tahap awal yakni dengan memakai sistem navigasi satelit global atau Global Navigation Satelite System. Dengan adanya sistem ini maka peraturan lalu lintas serta pengenaan tarif menjadi langsung atau real time melaui satelit dan sitem on-board.

Singapura akan mengganti sistem gantrie yang sudah kuno ke model yang sekarang ini. Sedangkan kota Jakarta tertinggal karena Jakarta justru baru akan memulai nya jadi kalau Singapura sudah mau ganti sistem Jakarta baru mau mulai perencanaan.

Bernardus Djonoputro, Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), berpendapat adanya sistem real time dan multijalur akan menjadi pemicu perubahan bagi perilaku para pengendara dan dalam hal ini diharapkan pengelola kota dapat melakukan kontrol yang dilakukan secara langsung.

Singapura dapat dijadikan contoh dalam kebijakan transportasi publik kota  sebab negara ini adalah salah satu negara terbaik di dunia, ucap Bernardus.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita