185 Selasa, 19 Mei 2015 | 10:08:44

Markas Baru Facebook, Rancangan Frank Gehry

Markas Baru Facebook, Rancangan Frank GehryMerdeka

Everett Katibak adalah manajer desain khusus lingkungan di perusahaan Facebook, yang tidak lain adalah perusahaan jaringan sosial yang ternama di dunia. Everett Katibak teringat saat pertama bertemu Frank Gehry, arsitek tersohor di Los Ageles, Amerika Serikat.

Ujar Katibak, “Kantor ciptaan mereka adalah gudang raksasa yang sangat dipenuhi dengan ukiran model kayu buatan tangan,”

Kekaguman Katibak diperdalam karena tim Gehry adalah orang-orang yang amat berbakat, serta selalu menghargai apa yang mereka kerjakan. Hal tersebut membuat Katibak tertarik untuk memakai Gehry sebagai perancang markas Facebook.

Katibak merasa yakin, untuk membangun markas Facebook dia dapat mengandalkan keunggulan dari Gehry, namun pada awalnya Mark Zuckerberg direktur utama Facebook ragu mempercayai Gehry untuk merancang bangunan dengan luas 40.000 meter persegi tersebut. Dikarenakan rancangan milik Gehry sangat mahal dan rancangannya itu tidak menyampaikan pesan dari budaya Facebook.

Meski demikian, Gehry tidak putus asa. Arsitek handal tersebut tetap mengajukan rancangannya. Gehry menawarkan rancangan yang dapat mengurangi terbuangnya waktu akibat perancanaan yang kurang baik dalam pengembangan proyek besar seperti halnya perusahaan Facebook.

Berkat tawaran itu, Gehry diberikan kepercayaan oleh Zuckerberg dan para tim, untuk bekerja sama dalam merancang proyek Facebook.

Desain akhir Gehry yang akhirnya disetujui oleh dewan kota akhirnya terselesaikan, dan dia memaparkan “Facebook berkata kepada saya bahwa mereka menginginkan bangunan yang memiliki konsep anonim, bangunan yang menyatu dengan alam dan lingkungan,”

Pada perusahaan Facebook, desain bangunan tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh keinginan Gehry, namun menyesuaikan dengan fungsi ruang utama dan kebudayaan dalam kantor Facebook. Kini markas baru Facebook menonjolkan sebuah atap berupa taman besar dan ruang peristirahatan yang unik.

Baru-baru ini Facebook menyampaikan rencana akan membangun dua kantor di Menlo Park, California. Dalam perancangan gedung tersebut juga akan mempercayai Gehry sebagai arsitek, dan ungkapan mereka mengenai tampilan gedung perkantoran tersebut akan sama dengan markas baru Facebook dari hasil karya tangan Gehry.


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita