22 Senin, 18 Mei 2015 | 10:36:00

Jalur Sepeda Di Bangun Rio de Janeiro Di Pemukiman Kumuh

Jalur Sepeda Di Bangun Rio de Janeiro Di Pemukiman Kumuhnewslewatmana

Rio de Janeiro yang dalam bahasa portugis diartikan “Sungai Januari" adalah ibu kota negara bagian Rio de Janeiro, yang terletak di bagian tenggara kota Brasil. Seperti yang kita ketahui bahwa tak banyak di dunia ini yang wilayahnya memiliki jalur khusus untuk sepeda. Namun tidak hal nya pada Rio de Janeiro, pemerintahannya cukup peduli untuk pengendara sepeda sehingga dibangunlah sebuah saran untuk transportasi yang ramah lingkungan ini.

Kota ini telah memiliki hampir 380 km jalur gowes, bahkan jaringannya merupakan jalur yang terpanjang seantero Amerika Latin. Pada dasarnya Rio de Janeiro mempunyai sebuah target untuk memiliki jalur gowes sepanjang 450 km di tahun 2016 yang akan datang.

Pemerintah kota Brazil memang sangat peduli terhadap transportasi ramah lingkungan ini dan sebagai bentuk kepeduliannya pemerintah Rio membangun jalur gowes di pemukiman kumuh yang memang tergolong kawasan paling berbahaya di Rio de Janeiro.

Nama pemukiman kumuh itu adalah Mare Favela, pemukimannya sama dengan pemukiman miskin pada umumnya. Tingkat kriminalitas dipemukiman ini juga kerab terjadi seperti tawuran antar warga sampai-sampai pada sekitar tahun yang lalu pemerintah kota menurunkan pasukan tentaranya untuk memberikan pengamanan bagi penghuni yang berjumlah sekitar 130.000 jiwa dan hampir selama setahun sejumlah tentara yang berjumlah 2,700 bertugas di pemukiman tersebut.

Mare Famela adalah pemukiman kumuh yang pertama kali memiliki jalur sepeda. Pada umumnya jalur sepeda di Rio kebanyakan berada di pemukiman elit dan lebih menitik beratkan pada fasilitas rekreasi. Karena sebagian besar penduduk Mare telah menggunakan sepeda sebagai transportasinya sehari-hari maka pemerintah setempat menyediakan fasilitas jalur sepeda yang diperuntukkan bagi pekerja.

Menurut Eduardo Paes, Walikota Rio de Janeiro, jalur transportasi yang ramah lingkungan ini sudah ada sejak lama karena mayoritas penduduk Mare bekerja sebagai pekerja kasar atau kuli bangunan di Fundao, kawasan komersial tpatnya di dekat Federal University of Rio de Janeiro.

Jalur gowes disepanjang 22 km ini akan menghubungkan Mare dengan stasiun bus rapid transit (BRT) TransCarioca dan BRT TransBrasil yang pembangunannya saat ini masih dalam tahap konstruksi. Proyek untuk pembangunan jalur gowes ini ditaksir sekitar 7 juta real Brazil atau senilai dengan Rp 30,53 miliar. Pembangunan ini direncanakan akan selesai pada tahun depan, adapun biaya tersebut sudah termasuk untuk pembuatan signage dan rak untuk menyimpan sepeda.

Dengan adanya pembangunan ini pemerintah Rio de Janeiro mengharapkan dapat mendorong para penduduk untuk lebih mempergunakan transportasi yang ramah lingkungan didalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Altamirando Moraes, sekretaris daerah bidang lingkungan di Rio de Janeiro mengemukakan bahwa sebagian besar penduduk Famela yang lainnya menggunakan sepeda untuk bekerja namun lokasi pemukiman disana adalah lahan berbukit sedangkan lahan pada pemukiman di Mare relatif datar sehingga layak dijadikan jalur gowes atau sepeda.

Sumber : housingestate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita