198 Rabu, 13 Mei 2015 | 14:01:48

Desain Baru Kantor Google Berkonsep Terrarium

Desain Baru Kantor Google Berkonsep TerrariumInsightmac

Google saat ini sedang menyiapkan proyek, kali ini bukan software atau gadget hebat, tapi suatu bangunan laboratorium kerja atau kantor dengan ukuran super besar, bangunan raksasa tersebut diberi nama Googleplex. Rencana pembangunan kantor ini terungkap oleh media saat perusahaan berstandar teknologi informasi kelas atas ini mengajukan rencana tersebut kepada kantor perencanaan kota di Mountai View, California, Amerika Serikat.

Ide tercetusnya pembanguanan Laboratorium ini didasari oleh keinginan Larry Page, Komandan Google dan salah satu pendiri Google. Beliau ingin memperluas kantor Google di North Bayshore, tapi tidak terikat pada gedung konvensional.

Gagasan pembangunan tersebut akan diwujudkan oleh Heatherwick Studio dan tim biro arsitek Bjakr Ingels Grup (BIG) menjadi sebuah bangunan besar menyerupai terrarium raksasa. Terrarium adalah wadah yang terbuat dari plastik atau kaca transparan yang didalamnya dibuat taman kecil yang menyerupai taman sungguhan dilingkungan aslinya.

Diatas lahan seluas 24,3 hektar tersebut akan didirikan bangunan yang mempunyai atap dan dinding, namun wujudnya berbeda dengan bangunan biasa. Menggunakan kanopi kaca sebagai atapnya yang berangka prefabricated steel, pilar-pilar baja dengan ketinggian 5 sampai 14 meter akan menjadi penyangganya.

Bentuknya kurva tidak teratur, jika dari kejauhan terlihat seperti lahan perbukitan. Desain kantor ini akan menjadi sesuatu yang revolusioner menurut para arsitek, bahkan guna membangun terrarium raksasa ini membutuhkan portable crane-robot, paparan usul dari dua tim biro arsitek.

Dikarenakan kanopi-kanopinya dibuat sangat tinggi, maka ruang-ruang dibawahnya akan dibuat bertingkat-tingkat, dan akan dipasang ramp untuk menuju ke lantai atas. Ruang didalamnya akan rancang seperti ruang kerja tertutup dan semi terbuka. Menariknya lagi ruang-ruangnya akan didesain fleksibel, dapat dipindahkan, dilepas atau digabungkan sesuai kebutuhan. Terdapat pula jalur pedestrian dan jalur sepeda, dan juga terdapat area yang berupa rawa pinggir pantai.

Basement dari gedung tersebut akan dibuat plaza dan taman, juga akan dibangun ruang-ruang ritel yang berguna untuk warga disekitar gedung dan pengguna jalan yang melintas di pedestrian.

Kantor ini dirancang untuk menampung seribu pekerja. Perusahaan google menginginkan para pegawai google atau biasa disebut Googlers dapat bekerja di mana pun yang mereka inginkan. Jika dibutuhkan mereka dapat menaiki sepeda sampai kesebelah mejanya, namun tempat parkir tetap tersedia di lantai basement. Central courtyard, studio yoga, kafe, serta area olahraga adalah fasilitas lain yang disediakan. Tambahan kemudahan bagi para Googlers yang tidak ingin tinggal jauh dari kantor, tersediannya 5.000 unit bangunan yang siap huni.


Sumber : Housting Estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita