253 Selasa, 12 Mei 2015 | 12:16:18

China Kalahkan A.S sebagai Investor Properti di Australia

China Kalahkan A.S sebagai Investor Properti di AustraliaThe Leader

China untuk kali pertama menjadi investor asing utama di Australia, yang kemudian disusul Amerika Serikat sebagai peringkat kedua investor asing di Australia.

Tahun 2014 berkisar $21,8 miliar diinvestasikan kepada Australia dari investor kaya raya di China, sementara Amerika Serikat terhitung hanya menginvestasikan sekitar $13,8 miliar, yang masih terbilang dibawah China dalam investasi terhadap Australia.

Jumlah yang tertera tersebut tercatat dalam laporan tahunan yang dikeluarkan oleh Badan Peninjauan Investasi Asing Australia, yang sengaja dibentuk untuk mengatur investasi dari luar negeri.

Sektor properti menjadi investasi terbesar dari China terhadap Australia, hingga dua kali lipat dibanding investasi dari Amerika Serikat yang jumlahnya berkisar $9,5 miliar ditahun 2014.

Investasi yang dialirkan dari China terhadap properti di Australia menjadi pendongkrak harga real estate hingga 14 persen, dan sejak 2009 kenaikannya dilansir 60 persen. Peningkatan itu tidak hanya didapatkan atas faktor investasi asing saja namun juga karena tingkat suku bunga di Australia yang rendah, dan faktor lain dikarenakan masih sedikit pula investor asing dibidang properti.

Paparan dari Tim Harcourt seorang ekonom dari sekolah bisnis Universitas of New South Wales “Peningkatan pergerakan investasi dari China jauh dari perkiraan, dan ini merupakan kejadian yang baru, dikarenakan ditahun sebelumnya pemegang investor asing terbesar di Australia adalah Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang, sedangkan China dan India adalah pendatang baru”

Harcourt menambahakan sebagian besar dari investor China itu berharap untuk mendapatkan izin menetap di Australia, atau diperbolehkan atas akses pendidikan yang tinggi bagi anak-anak mereka,

Komite parlemen dari Canberra pada tahun 2014 memaparkan bahwa investor asing sebetulnya dapat membantu meningkatkan harga dengan memajukan pembangunan rumah-rumah baru, investor asing juga meningkatkan terciptanya lapangan kerja di sektor kontruksi dan menaikan nilai perolehan pajak.

Guna merespon cepat permintaan dari investor China yang terus meningkat, maka peusahaan-perusahaan pengembang di Australia turut mendirikan kantor-kantor cabang yang terletak di Beijing dan Hong Kong, agar tersedia layanan khusus kepada investor lokal.


Sumber : VOA Indonesia

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita