102 Selasa, 28 April 2015 | 14:17:47

Gempa Nepal, Warga Butuh Penampungan

Gempa Nepal, Warga Butuh Penampunganliputan6

Peristiwa yang terjadi di Nepal dan India bagian Utara pada hari Sabtu lalu tepatnya (25/4/2015) menjadi duka bagi kita semua.  Gempa yang berkekuatan 7,9 skala richter (SR) menyebabkan banyaknya batu-batuan yang  berserakan di sepanjang jalan tunggal yang jarang dilewati di sebelah barat ibu kota.  Gempa yang begitu dasyatnya tak sedikit warga yang harus kehilangan tempat tinggalnya.  

Getaran gempa yang mengguncang Nepal dan India bagian Utara  juga meruntuhkan sejumlah bangunan termasuk bangunan bersejarah yakni Menara Dharahara yang ikut roboh akibat gempa tersebut dan  ada sekitar  400 pengunjung yang terjebak dalam bangunan tersebut. Ambruknya bangunan bersejarah ini juga melukai ratusan orang. Hingga saat ini korban yang meninggal akibat dari runtuhnya Menara tersebut adalah sekitar 144 orang dan akan diperkirakan terus bertambah.

Situasi yang terjadi saat ini pasca terjadinya gempa di Nepal menyebabkan beberapa jaringan komunikasi tidak stabil dan sangat sulit untuk melakukan komunikasi.

Rumah sakit disana bahkan sudah tidak sanggup lagi untuk menampung jumlah korban yang dirawat. Sejumlah toko-toko di sana pun tutup sehingga tidak ada aktifitas lain selain menyelamatkan para korban.

Ribuan warga terpaksa harus tinggal di luar rumah mereka yang telah rusak bahkan ada yang benar-benar hancur akibat terjadinya  gempa tersebut.

Peter Olyle, salah seorang pengurus Save the Children yang berbasis di Kathmandu mengatakan bahwa saat ini sangat dibutuhkan bantuan untuk penampungan bagi warga yang telah kehilangan tempat tinggalnya.

Ada salah seorang warga juga mengeluhkan mengenai kesulitan makanan yang disebabkan hancurnya ladang dan kebun mereka. Hasil ladang warga yang dalam kesehariannya dipergunakan untuk memberi makan keluarganya juga telah hancur, sedangkan bantuan belum banyak datang dan mereka harus tetap  mencari beras dan kacang-kacangan demi untuk  memberi makan keluarganya.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita