69 Senin, 27 April 2015 | 12:43:21

Kota Paling Nyaman Di Dunia Bagi Pejalan Kaki

Kota Paling Nyaman Di Dunia Bagi Pejalan Kakieropapanduanwisata

Berjalan kaki adalah salah satu olahraga  paling murah dan mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang dari kalangan manapun, tua muda bahkan anak-anak pun dapat melakukan olahraga jenis ini. Namun dalam kondisi yang seperti sekarang ini sangat sulit untuk menemukan tempat yang nyaman untuk berjalan kaki. Bahkan jika kita perhatikan hampir disebagian besar kota di dunia tidak memiliki fasilitas yang dapat mendukung kenyamanan dan keamanan untuk berjalan kaki.

Berjalan kaki adalah suatu kegiatan yang menyenangkan karena dengan berjalan kaki dapat memberikan suatu pengalaman yang berbeda terhadap sisi ruang yang dilalui olehnya, dengan berjalan kaki dapat lebih mendekatkan dan lebih bisa berinteraktif kepada sekeliling ruang yang dilaluinya.
Namun dari sekian banyaknya kota yang ada di dunia ini setidaknya masih ada kota yang dapat dibilang tergolong nyaman untuk melakukan kegiatan berjalan kaki. Ke lima kota ini juga telah diprediksikan akan menjadi jalanan ternyaman di masa depan bagi pejalan kaki bila dibandingkan dengan kendaraan akan lebih banyak pejalan kaki yang menggunakan jalanan tersebut.

Adapun kelima kota yang terbilang nyaman untuk melakukan perjalanan dengan berjalan kaki adalah

1.  Belanda

Sebagian besar warga Amsterdam lebih banyak menggunakan sepeda dan berjalan kaki, bahkan untuk area didalam kota yang berjarak 219 km2 kecepatan kendaraan dibatasi maksimal 30 km/jam. Salah satu tujuannya adalah supaya para pengguna jalan yang bersepeda dan berjalan kaki dapat nyaman dan aman untuk melakukan aktifitasnya. Pembangunan untuk fasilitas-fasilitas umum juga sedang dibangun di kota ini yaitu dengan dua fitur utama yaitu membatasi kecepatan dan jalur pemisah antara pejalan kaki dengan kendaraan lainnya.

2.  Denmark

Kota ini sejak era 1960-an sudah membuat suatu wilayah yang terbilang eksklusif  bagi pedestrian di pusat kota Denmark. Area pejaln kaki dikota ini membujur Barat – Timur di awali dari Town Hall Square hingga ke Kongens Nytory (The King New Square) atau yang sering disebut dengan “ Stroget”, area bagi pejalan kaki ini sepanjang 3,2 km. Area ini hingga saat ini disebut sebagai jalur pedestrian terpanjang dan tertua di dunia. Denmark adalah kota yang terkenal dengan patung “little mermaid” juga terkenal dengan jaringan jalur sepedan Hamburg.

3.  Jerman

Pada Tahun 2011 kota ini lebih dikenal dengan sebutan European Green Capital, dimana kota ini adalah sebuah kota yang memiliki rencana tata kota yang sangat strategis . Jerman berkeinginan agar dapat memiliki ruang kota yang keseluruhannya dapat dicapai dengan berjalan kaki atau setidaknya dengan menggunakan sepeda dan sekitar 40 persen dari areanya dapat dibuat ruang hijau yang diperuntukkan untuk umum. Jerman berupaya untuk dapat mengurangi pergerakan dari kendaraan diwilayahnya , oleh karena itu kota ini di sebut Green Network.

4.  Finlandia

Diprediksi kota ini pada tahun 2025 sebagian besar orang akan lebih banyak berjalan kaki bahkan memiliki sebuah mobil akan menjadi sesuatu hal yang dianggap kuno. Kota ini juga berencana membuat ruang dimana semua fasilitas lingkungan saling berhubungan dan berdekatan dengan jarak rumah dengan kantor, sekolah, tempat rekreasi, dan fasilitas umum lainnya dari kesemua tempat yang akan dikunjungi diharapkan dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki atau setidaknya dengan menggunakan sepeda.

5.  Swiss

Aktifitas yang ditempuh dengan berjalan kaki sudah menjadi suatu kegiatan yang menjadi prioritas di kota ini sejak pertengahan tahun 1990-an hingga saat ini. Saat ini perjalanan di kota Swiss hanya ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan bersepeda.

Sumber : Housingestate


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita