165 Sabtu, 25 April 2015 | 11:16:28

Di Israel Harga Rumah Melonjak Hingga 87 Persen

Di Israel Harga Rumah Melonjak Hingga 87 Perseninternasionalkompas

Harga rumah di negara Israel sejak tahun 2008 hingga tahun 2014 mengalami kenaikan hingga 87,1 persen. The Economist mengatakan bahwa peningkatan yang terjadi di negara Israel ini  adalah merupakan peningkatan tertajam diantara 26 negara yang ada di dunia. Akan tetapi kenaikan yang terjadi di negara Israel ini masih boleh dikatakan  dalam tahap kewajaran.

Berdasarkan dari perhitungan yang di lakukan oleh The Economist mengenai  harga rumah di Israel pada tahun ini kenaikkannya lebih tinggi sekitar 10 persen apabila  dibandingkan dengan tahun yang lalu.

Bukan hanya negara Israel yang mengalami kenaikkan pada harga rumah tetapi Brasil dan Hongkong pun mengalami hal yang sama. Dalam kurun waktu selama  tujuh tahun  terakhir ini Brasil mengalami kenaikkan yang sangat drastis yakni hingga 200,1 persen. Sedangkan kenaikkan yang dialami oleh negara Hongkong kenaikkannya  sebesar 119,4 persen. Sebagai bahan perbandingan mengenai kenaikkan yang ada di negara-negara ini dapat kita lihat pada ke tiga negara berikut ini yang juga memiliki peningkatan harga yang sangat tajam yaitu negara Jerman, Australia dan Kanada, masing-masing negara mengalami kenaikkan harga sekitar 30 – 33 persen.

Pada umumnya , pasar properti global pastilah akan selalu mengalami akselerasi pada pertumbuhan harga karena didukungnya oleh suku bunga yang rendah. Dalam hal ini  Gubernur bank sentral menitik beratkan pada suatu kebijakan makroprudensial, misalnya mengenai kreteria pinjaman ketat pada bank. Adapun maksud dari kebijakan ini adalah agar dapat dilakukan pengendalian pada harga suatu perumahan. Di negara Israel sendiri dasar dari suku bunga pinjaman Bank tercatat lebih rendah yakni 0,1 persen, bahkan direncanakan untuk bunga pinjaman bank ini hingga ketitik nol persen. Disamping itu bank telah memberlakukan mengenai serangkaian pembatasan-pembatasan didalam mengupayakan pinjaman yang berlebihan.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita