55 Jum'at, 24 April 2015 | 13:04:40

Teknologi Gaya Spanyol Islam Memikat Penikmat Arsitektur

 Teknologi  Gaya Spanyol Islam Memikat Penikmat Arsitekturdepts

Texas Tech adalah salah satu kampus yang memiliki arsitektur gedung bergaya Spanyol di masa Renaisans. Menurut Lembaga Pendidikan di Amerika Serikat estetika pada bangunan kampus ini memiliki nilai sejarah dan tradisi suatu bangsa.

Pertama kalinya gaya ini dibangun di daerah Andalusia dan Kastilia Spanyol. Kemudian gaya bangunan ini dipengaruhi oleh masa-masa terakhir Dinasti Nasrid Islam yang telah perlakukan secara paksa untuk keluar dari Spanyol di tahun 1492.

Michael Molina Wakil rektor bidang fasilitas, perencanaan dan pembangunan di kampus Texas Tech mengutarakan bahwa William Ward Watkin adalah seorang arsitek yang membawa gaya desain asli untuk pengembangan kampus baru.

Yang menjadi ciri khusus dari kampus ini adalah barisan tiang. Barisan tiang ini menggunakan bahan material seperti campuran bata dan simetri serta rasio komponen bangunan yang menggunakan material batu., jelas Molina.

Adapun hal yang terpenting dari bangunan ini menurut rancangan yang ada terletak pada bangunan yang berbentuk C, bentuk asimetris I, serta bujungsangkar dan terdapat pula sayap ganda atau bangunan yang berbentuk H. Tujuan dari dibangunnya bentuk-bentuk yang berbeda dari setiap bangunan adalah untuk memberikan pelayanan kepada orang-orang tertentu didalam memajukan estetika kampus.

Dalam gedung ini banyak potongan estetika eksterior yang harus dijadikan bahan pertimbangan yaitu mengenai penempatan jendela, pintu dan batu serta bagaimana bahan-bahan tersebut dapat berinteraksi satu sama lainnya, ungkap Molina.

Material yang digunakan sebagai salah satu material fungsional yang melekat pada bangunan ini adalah besi pada gaya Spanyol Rejas. Besi ini kini dijadikan hiasan dekoratif pada bangunan tersebut, seperti yang dapat dilihat di dekat pintu masuk utama gedung terdapat balkon atau tempa besi yang terletak di atas jendela.

Saat itu Watkin membanyangkan bahwa bangunan baru dib u=ingkai oleh jaringan bertiang  karena tiang-tiang tersebut memang sudah ada sejak berdirinya kampus asli.

Sisi lain yang dapat dilihat dari gedung baru tersebut adalah mengenai pemanfaatan ruang plaza dan halaman. Molina juga menjelaskan bahwa desain yang telah dimiliki oleh kampus tersebut akan terus di integrasikan dengan desain dimasa depan. Desain kampus Tech telah terbentuk berdasarkan dari keputusan didalam menjaga arsitektur Renaissance Spanyol sebagai suatu karakter dari seluruh kampus yang ada di Spanyol dan warna merah dan hitam yang dipilih adalah tak lain untuk memenuhi dari tema kampus tersebut .

Desain ataupun gaya yang dimiliki dari kampus ini sangat berpengaruh pada pengunjung ataupun mahasiswa itu sendiri. Ketika diminta pendapatnya salah seorang mahasiswa bernama Alex Bruton, mengatakan bahwa dirinya mulai tertarik dengan kampus ini pada saat pertama kali ia datang ke Tech, padahal sesungguhnya dia bukanlah orang yang berasal dari pemerhati arsitektur.

Sangat menyenangkan saat berjalan melewati rumput-rumput dan pepohonan dan dirinya juga merasa bangga ketika melihat orang banyak me-tweet gambar kampus dimana ia mengemban pendidikan yakni kampus Tech.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita