205 Kamis, 23 April 2015 | 10:44:21

Kereta Super Cepat Buatan Jepang

Kereta Super Cepat  Buatan Jepangtechryti

Belum lama ini Central Japan Railway Co. mengumumkan tentang  keberhasilannya didalam menciptakan  kereta supercepat yang meiliki kecepatan  603 km per jam.  Walaupun  baru percobaan, kereta ini dapat dikatakan sebagai kerata yang memenangkan rekor kecepatan kereta paling cepat di dunia.  Percobaan atas kereta tersebut  dilakukan oleh  JR Central, perusahaan kereta Jepang itu  biasa disebut orang, hal ini adalah dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas jalur Tokyo – Nagoya yang akan dibuka secara komersial pada tahun 2027.    

Untuk melakukan Peningkatan tersebut JR Central melakukannya dengan menggunakan teknologi maglev dan JC Central juga telah  menambah jalur khusus kereta cepat sepanjang 24 km.  Penambahan pada jalur khusus  ini diperlukan karena pada akhirnya kereta supercepat ini akan  melewati kecepatan rata-rata 500 km per jam. Agar dapat tercapainya peningkatan ini, JR Central siap meluncurkan  dana sebesar 5,52 triliun yen atau lebih dari Rp 598 triliun.

Jalur antardua kota ini berjarak 286 km itu dan telah  ada sejak tahun 1964 menggunakan kereta Shinkansen. Dengan menggunakan kereta yang memiliki kecepatan 320 km per jam ini, kedua kota tersebut dapat ditempuh dalam waktu 95 menit. Jika teknologi maglev itu nantinya akan berhasil maka perjalanan akan diringkas sekitar 40 menit.

Pada saat ini baru ada dua jalur kereta maglev yang beroperasi. Pertama, di Shanghai yang menggunakan teknologi hasil ciptaan   Siemens AD dan ThyssenKrupp AG. Rute yang dilalui Pudong International Airport adalah mulai dari Shanghai sampai pada  kawasan bisnis di pinggir kota yang berjarak tempuh sejauh 431 km. Sedangkan di Nagoya, Jepang, memiliki kecepatan lebih rendah. Kecepatan tertinggi hanya 100 km/jam. Kereta yang lebih dikenal dengan sebutan Linimo ini hanya beroperasi dalam jarak tempuh sekitar 8,9 km.

Jepang senantiasa berambisi untuk mempercepat kereta maglev-nya mengingat masih ada kereta berkecepatan  rendah. Jepang berencana  kereta supercepatnya ini akan dijual ke Amerika Serikat (AS) dan sudah mulai di pamerkan  di hadapan dua petinggi AS sejak lima tahun yang lalu. Tidak tanggung-tanggung, Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan pemerintah Jepang siap mendukung pendanaan JR Central agar dapat membangun jalur kereta Washington – Baltimore.

Sumber : Housingestate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita