231 Selasa, 14 April 2015 | 13:37:10

Pembangunan Rumah Murah Di Afrika Selatan

Pembangunan Rumah Murah Di Afrika Selatankompas

Kegiatan investasi yang semakin beragam pada segmen properti semakin kuat dan besarnya permintaan untuk perumahan juga semakin banyak sehingga membuat bisnis properti semakin menarik. Dahulu pasar rumah di Afrika Selatan kurang di lirik oleh para pengembang namun sejalannya waktu di tahun 2014 ini pasar perumahan murah menunjukkanfundamental properti yang lebih baik.

Berdasarkan cacatan dari bank FNB pada tahun 2014, indeks harga rumah tua di kota-kota Afrika Selatan mengalami kenaikkan sebesar 9,5 persen jika di bandingkan dengan tahun 2013 yang kenaikkannya hanya 6,5 persen. Dikota metropolitan seperti di Cape Town, Johannesburg, Tshwane, Nelson Mandela Bay dan eThekwini permintaaan akan perumahan melonjak hingga 6,8 persen.

Dalam pasar ini bukan hanya nilai yang terpenting, namun juga keterjangkauan. Solusi untuk sebuah perumahan juga menjadi pemikiran bagi pengembang dan salah satunya adalah Perusahaan Perumahan Sosial Johannesburg (Joshco) yang menawarkan perumahan sewa murah untuk individu produktif antara 3.500 rand (Rp 3.8 juta) sampai  7.000 rand (Rp 7.5 juta) per bulannya.
Joshco sendiri mempunyai target individu yang harus bisa memenuhi syarat di level menengah ke bawah.

Menurut Rory Gallocher, salah satu pengendali Joshco mengatakan bahwa pasar properti selama ini tidak menghasilkan solusi untuk perumahan bagi orang-orang tersebut.

Masyarakat yang berpenghasilan rendah sekitar 20 persen hingga 30 persen mempunyai penghasilan sebesar 3.500 rand atau senilai dengan Rp. 3,8 juta. Untuk penghasilan sebesar itu sangatlah rendah dipasaran Afrika Selatan. Sedangkan untuk mengajukan permohonan apartemen Joshco banyak orang untuk mendapatkan hunian tersebut dengan cara menjual barang-barang atau usaha kecil, dengan begitu bagi masyarakat yang seperti ini tidak diperlukan untuk menunjukkan slip gaji, ucap Gallocher.
Harga sewa apartemen disana juga sangat bervariasi mulai dari harga 840 rand atau senilai Rp 901.883 hingga 3.500 rand sekitar Rp 3,8 juta perbulannya dan untuk satu unit dimana satu unitnya terdiri dari dua kamar tidur, dapur dan sebuah kamar mandi.

Belakangan ini Johsco telah membangun sebuah proyek perumahan senilai 200 juta rand atau senilai Rp 214,7 juta  di Dobsonville, Soweto. Proyek perumahan tersebut terdiri dari  502 unit rumah sewa sebesar 750 rand atau senilai Rp 800 ribu sampai  2.000 rand  atau senilai Rp 214 ribu per bulan. Rencananya proyek tersebut  diharapkan akan selesai pada Desember 2016.

Ada sekitar 17 proyek Joshco yang tertunda  di Dobsonville, di antaranya masih dalam proses penyelesaian dan menunggu finalisasi tender.
Gallocher juga menjelaskan dalam upaya untuk mewujudkan target perumahan departemen, diperlukan dana sebesar  10 miliar rand atau sebesar Rp 10,7 triliun .

Sumber : Kompas

 

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita