250 Senin, 06 April 2015 | 13:20:53

Gudang Makanan Dari Daun Palem

Gudang Makanan Dari Daun Palemkompas

Di negara Mesir nampaknya daun palem tak lagi banyak dilirik akibat dari adanya perubahan yang mendasar dalam sektor ekonomi dan budaya . Oleh karena itu United Nation Convention to Combat Desertification (UNCCD)  kembali memperkenalkan tradisi yang telah hilang  tersebut dengan memanfaatkan daun palem dalam penggunaanya dalam mengatasi perubahan iklim serta mengurangi kemiskinan.

United Nation Convention to Combat Desertification (UNCCD) memanfaatkan daun pelem  melalui pembuatan gudang makanan Al Ain UNESCO World Heritage Site, gudang makanan ini diberi julukan  The Food Shelter.

Menurut  Sandra Piesik, pembuatan gudang makanan yang memakai bahan dasar daun pale mini merupakan salah satu solusi atas adanya perubahan iklim dengan merevitalisasi tradisi lama dengan inovasi yang lebih modern.

Peisik juga mengatakan bahwa hal yang tersulit didalam membuat konstruksi struktur kebutuhan lokal seperti untuk gudang makanan, sekolah, dan klinik, tingkat kesulitannya adalah terletak pada pengaplikasian teknik pribumi ke dunia dengan budaya yang berkembang  saat ini.

Al Ain, TCA, The Food Shelter bersama dengan Departemen Lingkungan Bersejarah mengembangkan proyek kemanusian dengan merancang dan memberikan kontribusi pada program pembangunan sosial di negara-negara miskin yang membudidayakan pohon palem. Dalam hal ini skema yang digunakan adalah cara memanfaatkan daun palem yang terbuang  dan kemudian di pergunakan untuk membangun tempat penyimpanan yang dapat mengatasi masalah pada makanan.

Bangunan dengan memanfaatkan daun pale mini telah melaui riset dan program pengembangan hampir selama enam tahun yang kemudian dituangkan suatu kombinasi antara bahan tradisional dengan teknik modern yang bertujuan agar dapat menghasilkan biaya yang efektif , cepat serta ramah lingkungan.

Pembangunan ini juga banyak memberi  manfaat bagi masyarakat lokal seperti  didalam pembuatan struktur karena mudah di bentuk tanpa perlu memasang peralatan mekanis pada lokasi tersebut, disamping itu daun palem juga dapat terdegradasi secara alami sehingga tidak meninggalkan residu.

Hasil akhir dar  proyek  pemanfaatan daun palem ini  adalah terdapat sembilan konstruksi modular yang berukuran 64 meter persegi  dan  menyediakan total area arsir seluas lebih dari 600 meter persegi.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita