159 Kamis, 02 April 2015 | 11:18:25

Tembok Pasir Besar Ada di Laut Cina Selatan

Tembok Pasir Besar Ada di Laut Cina Selatantempo

Reklamasi yang dilakukan oleh pemerintahan Tiongkok menyebabkan timbulnya “ Tembok Pasir Besar “ di Lautan Cina Selatan, sehingga dengan munculnya tembok pasir ini menjadi pertanyaan serius mengenai tujuan dari aksi munculnya tembok pasir besar tersebut.

Laksamana Harry Harris seorang Komandan Armada Pasifik Amerika Serikat  mengatakan bahwa Negara Tiongkok menciptakan wilayah buatan yang sangat luas. Wilayah buatan tersebut luasnya boleh dikatakan hampir lebih empat kilometer persegi yang pekerjaannya melalui pemompaan pasir pada terumbu karang yang kemudian menggantikannya dengan beton.

Negara Tiongkok mengalami keterlibatan tentang sengketa wilayah dengan sejumlah tetangganya yang berada di Laut China Selatan, seperti Negara Filipina dan Negara Vietnam. Akibat dari terlibatnya sengketa atas wilayah tersebut  akhirnya menimbulkan konflik antara Negara Tiongkok dengan sejumlah para tetangganya yang kemudian di perparah lagi dengan timbulnya aksi Negara Tiongkok yang melakukan reklamasi tanah pada daerah sengketa tersebut.

Pada tahun lalu, Beijing juga pernah melakukan hal yang sama namun Beijing sendiri mengatakan bahwa aksinya sangatlah berdasar karena memilki kedaulatan atas wilayah tersebut.

Pada beberapa bulan terakhir ini bermunculan kabar mengenai gambar tentang bangunan yang dibuat oleh Negara Tiongkok yakni Tembok Pasir Besar yang berada di Laut China Selatan tepatnya pada karang di Kepulauan Spratly. Dengan munculnya Tembok Pasir Besar tersebutlah yang menyebabkan terjadinya konflik dan timbul beberapa pertanyaan mengenai kemunculan bangunan Tembok Pasir Besar di Laut China Selatan tersebut.

Berdasarkan dari pengamatan beberapa analis, maka muncullah pendapat-pendapat dari para analis mengenai munculnya pulau-pulau serta bangunan-bangunan buatan sehingga para analis menduga dengan bermunculan pulau-pulau buatan tersebut pada akhirnya akan dipergunakan untuk kepentingan militer dan termasuk dalam landasan pacu.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita