192 Rabu, 01 April 2015 | 13:43:56

Bangunan Kantor yang Berasal Dari Tumpukan Kontainer

Bangunan Kantor yang Berasal Dari Tumpukan KontainerIlustrasi

James Whitaker yang merupakan arsitek yang berasal dari London, telah membuat sebuah proposal yang menggambarkan sebuah bangunan perkantoran murah di Jerman. Bangunan tersebut akan berasal dari tumpukan kontainer dan akan dibuat menyusun agar cahaya matahari dapat masuk kedalam interior bangunan pada saat waktu yang berbeda dalam satu hari.

James mulai mengembangkan bangunan tersebut sejak tahun 2010, sejak dia bekerja sebagai fotograper yang mana sebelumnya sempat diminta oleh sebuah biro iklan karena tertarik untuk membangun sebuah ruang kerja yang berada ditengah hutan Black Forest, Jerman.

Pada awalnya klien James hanya meminta dibuatkan desain bangunan yang berasal dari kontainer pengiriman, untuk mengurangi biaya pembangunan gedung tersebut. Yang mana dilakukan dengan cara membentuk sugesti arsitek dalam klater kotak logam menggunakan komposisi radial.

Inspirasi dari bangunan tersebut adalah dengan melihat desain pertubuhan Kristal yang berada di laboraturium sains dan kastil pada abad ke sebelas.

Kastil tersebut direkonstruksi oleh King Frederick Wiliam IV pada abad ke- 19, dengan diposisikan diatas bukit dekat kota dan dilengkapi pengaturan hiasan pada menara yang mengusung tema Gothic Revival.

Bentuk vertikal menara yang berada di benteng tersebut kemudian timbul dengan bentuk tebing kontainer dan diarahkan untuk melacak arah matahari ketika melakukan peredaran diatas langit.

Pasokan kontainer telah didapatkan olehnya dari Rotterdam, Belanda dan fabrikator metal yang berasal dari Hamburg, Jerman. Sehingga mereka dapat bekerja sama dalam lokasi.

Untuk mematok dan mencegah adanya pergeseran, mereka memposisikan basis balok kantilever untuk tetap berada di puncak kontainer yang lebih rendah.

Kepindahan James kedunia citra digital berdasarkan pengalaman yang pernah digelutinya selama menjadi seorang fotografer. Sehingga dia dapat menerapkan pengaturan dalam pencahayaan bangunan tersebut, dan hasilnya tidak akan mengecewakan.

Bangunan ini dapat dijadikan alternatif dalam menghemat biaya pembangunan suatu gedung.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita