172 Selasa, 31 Maret 2015 | 09:40:45

Pengembang dan Kontraktor Dubai Wajib Menggunakan Semen Hijau

Pengembang dan Kontraktor Dubai Wajib Menggunakan Semen HijauIlustrasi

Mulai tanggal 1 April 2015 yang akan datang, peraturan baru dalam sektor properti akan diterapkan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Peraturan yang dituangkan dalam undang- undang tersebut berisi tentang mewajibkan semua kontraktor, pengembang, dan semua pelaku konstruksi lainnya untuk menggunakan green cement atau semen hijau pada setiap pembangunan.

Hussein Lootah yang merupakan perwakilan dari pemerintah Kota Dubai menyatakan bahwa undang- undang ini dibuat dan diterapkan demi menjaga lingkungan dan mengurangi gas- gas beracun, diantaranya adalah emisi karbon dioksida.

Selain menggunakan semen hijau, pemerintah juga mengharuskan para pengembang dan kontraktor untuk menggunakan material yang ramah lingkungan pada setiap pengembangan gedung dan yang lainnya.

Setelah peraturan ini mulai diterapkan besok, pemerintah akan melakukan pemeriksaan ke seluruh pembangunan yang ada disana, apakah mereka sudah menggunakan semen sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau belum.

Selain itu, penggunaan semen hijau ini akan berpengaruh terhadap keluarnya izin pembangunan karena hal tersebut merupakan prasyarat untuk pemberian izin kontruksi.

Konsekuensi apabila pengembang dan kontraktor tidak menggunakan bahan yang ramah lingkungan khususnya semen hijau dan tidak mentaati peraturan yang ada, maka proyek yang sedang dikerjakan akan segera disegel bahkan semua perizinannya akan dibekukan. Selain itu, perusahaan yang melanggar peraturan tersebut juga akan dikenakan denda oleh pemerintah disana.

Sebenarnya tidak ada alasan yang dapat memberatkan apabila ada yang melanggar peraturan ini, karena apabila peraturan ini dijalankan akan berdampak positif bagi kelangsungan hidup sebab semen hijau ramah lingkungan.

Semen hijau ini dikembangkan di Jerman, yang mana bahannya memenuhi bahkan melebihi kemampuan kinerja Fungsional Semen biasa. Selain itu memiliki kandungan bahan daur ulang yang sangat optimal,dan dapat mengurangi konsumsi bahan alam mentah, energi fosil, dan air.


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita