219 Sabtu, 28 Maret 2015 | 13:43:08

Mengenang Bapak Pendiri Singapura Lee Kuan Yew

Mengenang  Bapak Pendiri Singapura Lee Kuan Yewpeluangproperti

Lee Kuan Yew, lahir di Singapura, pada tanggal 16 September 1923.  Beliau menjabat Perdana Menteri Singapura dari tahun 1959 – 1990.  Lee Kuan Yew  tetap menjadi tokoh politik yang sangat berpengaruh di Singapura meskipun telah  pengunduran dirinya sebagai perdana menteri.

Bapak Pendiri Singapura ini berhasil merubah  pulau kecil Singapura menjadi sebuah Negara yang memilki pencapaian ekonomi yang cukup dikagumi di seluruh dunia.

Beliau  memiliki  pandangannya yang amat pragmatis, Lee  berhasil merubah negara  Singapura dari sebuah pulau kecil yang tidak memiliki sumber daya alam menjadi sebuah negara yang memilki  keberhasilan dalam ekonomi.

Di bawah kepemimpinan Lee Kuan Yew, Singapura menjadi negara yang  sejahtera, modern, efisien dan bebas korupsi sehingga para investor asing terus  berdatangan ke negara Singapura.

Negara memiliki sistem transportasi Mass Rapid Transit atau MRT Singapura  yaitu sebuah sistem angkutan cepat yang merupakan bentuk  tulang punggung dari sistem kereta api di Singapura serta  membentang ke seluruh negara kota Singapura. Stasiun MRT ini  adalah Stasiun Yio Chu Kang dan Stasiun Toa Payoh, stasiun ini dibuka pada tahun 1987 dan menjadi sistem angkutan tercepat dan tertua kedua se Asia Tenggara, sebelumnya Sistem LRT di Manila. Jaringan ini telah berkembang cepat  dan untuk mengembangkan jaringan kereta  sistem angkutan umum di Singapura ini melakukan perjalanan penumpang harian rata-rata 2,755 juta jiwa pada tahun 2013, dan hampir 77% dari 3,601 juta penumpang jaringan bus dalam  waktu yang sama.

Mengenai pertanahan di negara Singapura, pada dasarnya hukum tanah di Singapura dibagi menjadi dua, yaitu hukum tanah yang bersumber pada common law  dan UU yang dikeluarkan oleh parlemen Singapura.  Hak atas tanah di negara Singapura  dapat diberikan untuk jangka waktu terpanjang yakni selama 99 tahun, dan hak tersebut dapat diberikan dalam bentuk:
a.    Freehold estates; atau
b.    Leasehold estates diberikan dalam jangka waktu  selama beberapa tahun, yakni 99 tahun, 30 tahun dan sebagainya.

Jika dilihat dari industrial propertinya  beberapa tahun terakhir ini, investasi asing di perumahan real estate dan real estate komersial di Singapura telah meningkat secara signifikan..

Pada tahun 1975 Lee menyetujui didirikannya pembangunan Bandara Changi di Singapura. Singapura pun mulai berkembang menjadi salah satu pusat penerbangan utama di dunia.  

Lee mengundurkan diri sebagai perdana menteri Singapura pada tanggal 28 November 1990, kemudian beliau menyerahkan kekuasaan kepada wakilnya Goh Chok Tong. Semasa pemerintahan Goh Chok Tong, Lee Kuan Yew menjabat sebagai Menteri Senior. Saat ini jabatan beliau adalah Menteri Mentor, jabatan ini adalah merupakan sebuah jabatan baru yang dibentuk di bawah kepemimpinan anaknya, Lee Hsien Loong, yang menjadi PM ketiga pada 12 Agustus 2004

Saat ini seluruh warga Singapura sedang berduka  atas meninggalnya Bapak Pendiri Singapura, Lee Kuan Yew, yang meninggal dunia di Singapura, pada hari Senin (23/3/2015). Selama pemerintahannya  negara Singapura, Lee dianggap berhasil mengubah Singapura dari kubangan lumpur hingga menjadi salah satu pusat keuangan dunia.

Sumber: Berbagai sumber

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita