166 Kamis, 26 Maret 2015 | 15:13:24

Krisis Lahan di London, Slim House Menjadi Solusinya

Krisis Lahan di London, Slim House Menjadi SolusinyaIlustrasi

Krisis lahan kosong kini terjadi di London, semakin menipisnya lahan kosong disana dan permintaan tehadap lahan kosong bertambah. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya lahan untuk dijadikan tempat tinggal.

Kebanyakan lahan disana telah dijadikan sebagai tempat bisnis, sehingga minim lahan untuk tempat tinggal pada saat ini.

Keadaan London saat ini sangat jauh dengan 10 tahun kebelakang, saat ini disana dituntut kreatifitas yang tinggi agar dapat menghasilkan bangunan yang hemat lahan. Sehingga meskipun dengan sedikitnya lahan, dapat membangun rumah yang nyaman.

Salah satu bangunan yang dapat dijadikan contoh sebagai slim house adalah bangunan yang dikreasikan oleh Studio Desain Alma- nac. Mereka membangun rumah tingkat dengan luas 2,3 m2, kendati demikian bangunan tersebut memiliki suasana yang terasa luas dan lebar jika dibandingkan dengan struktur aslinya.

Bangunan yang dapat dijadikan contoh tersebut terletak di wilayah St John Hill, Clapham, London yang mana dikenal sebagai kawasan sibuk dan sangat padat.

Strategi yang digunakan agar small house tersebut terasa luas adalah dengan cara membuat atap rumah dengan posisi miring, sehingga menimbulkan kesan luas dan memungkinkan cahaya alami masuk ketempat terdalam rumah. Selain menghemat lahan, bangunan ini juga sudah pasti membutukan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan bangunan pada umumnya.

Selain pada sektor properti pemerintah Inggris berencana untuk menetapkan peraturan guna usaha dalam penghematan lahan dengan menerapkan sistem penumpukan peti mati hingga empat lapis pada setiap pemakaman, hal tersebut juga telah dilakukan di Indonesia yang mana biasa disebut sebagai sistem tumpang.

Small house ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam tipe rumah yang harus diterapkan pada setiap negara yang mengalami krisis lahan, dengan begitu akan menjadi solusi terhadap krisis lahan itu sendiri.

 

Sumber : Vibiz

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita