128 Kamis, 19 Maret 2015 | 12:49:31

Dampak Menurunnya Sektor Properti di Tiongkok

Dampak Menurunnya Sektor Properti di TiongkokIlustrasi

Penurunan harga properti yang terjadi di Tiongkok menimbulkan akibat diberbagai aspek disana. Selama ini sektor properti disana berkontribusi terhadap negara sebanyak 15% dari produksi ekonom Tiongkok. Selain itu, penjualan tanah juga berkontribusi sebanyak 40%.

Li-geng Liu yang merupakan kepala ekonom ANZ Bank Tiongkok menyatakan bahwa penurunan properti yang terjadi akhir- akhir ini, mengakibatkan turunnya tingkat kepercayaan dari konsumen terhadap sektor tersebut.

Akibat dari penurunan drastis pada sektor properti adalah meningkatnya tingkat korupsi di Tiongkok. Belum lama ini dikabarkan bahwa pengembang paling terkenal di Tiongkok, tepatnya di Shenzen saat ini sedang berada dalam investigasi pemerintah disana akibat diduga terlibat dalam korupsi pejabat disana.

Selain itu, para pengembang juga mengupayakan agar mereka mendapatkan pinjaman dollar yang diharapkan dapat mengangkat kembali sektor properti di Tiongkok.

Penurunan pada penjualan properti membuat para pangembang dan pemerintah terus mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan, diantaranya adalah menurunkan uang muka, mengadakan diskon, dan pemasaran melalui internet.

Adapun usaha yang dilakukan oleh pihak pemerintah adalah Pemerintah Tiongkok telah melonggarkan peraturan disana yang sebelumnya sangat ketat, khususnya pada aturan pembatasan kredit perumahan murah.

Akhir tahun ini diprediksi akan sangat mengkhawatirkan, karena akan terjadi gelembung harga.

Untuk solusi akan terjadinya gelembung harga, pemerintah Tiongkok telah membantu pengembang yaitu dengan cara membangun rumah terjangkau pada tahun ini.

Akan tetapi, banyak pengembang yang tidak mau ikut berpartisipasi dalam rencana yang dibuat oleh pemerintah tersebut. Karena pengembang hanya akan mendapatkan sedikit keuntungan dari proyek tersebut.

Sejauh ini para pengembang masih ingin melihat mereka yang bergabung dalam proyek tersebut, melihat merosotnya harga dipasar saat ini apakah akan mempengaruhi keputusannya atau tidak.

 

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita