161 Jum'at, 13 Maret 2015 | 13:28:00

Tiongkok Di Geser AS Dari Pasar Properti Terbesar Dunia

Tiongkok Di Geser AS Dari Pasar Properti Terbesar Duniapeluangproperti

Cushman & Wakefield, Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mematahkan dominasi Tiongkok sebagai pasar properti terbesar di dunia, menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, suku bunga rendah dan semua faktor yang mendorong investor berdatangan.

Dengan tergesernya Tiongkok,  kinerja investasi properti AS meningkat pesat dan berkelanjutan. Ada pula negara lain selain AS yang memperlihatkan penguatan pasar seperti  Kanada. Beberapa tren kunci seperti teknologi, dan perubahan demografis menjadi stimulan efektif peta kekuatan pasar investasi properti.

Cushman & Wakefield juga menyebutkan dalam laporan pasar modal global tahunannya bahwa volume investasi global meningkat sebesar 11 persen pada tahun 2015 dan menjadi 134 miliar dollar AS yang dipimpin Eropa dan AS.

Sedangkan  Amerika Selatan justru mengalami kondisi ekonomi yang sulit, sebab harga komoditas lebih lemah, dan tidak adanya kepastian sehingga berdampak pada pasar properti. Disamping itu para investor juga semakin menjauh, sehingga permintaan properti di wilayah tersebut, khususnya ritel, jatuh hingga  17 persen.

Pada tahun ini, wilayah Amerika diharapkan lebih baik dengan adanya dorongan kenaikan lebih lanjut dalam kegiatan investasi properti di AS yang ditandai pertumbuhan sewa. Amerika Selatan diperkirakan akan mengalami keuntungan sederhana karena peluang pasar masih lebih besar dengan tingkat hunian terkendali.

Pertumbuhan volume investasi properti di AS dan Kanada untuk tahun ini diperkirakan melonjak hingga 15 persen, sementara di Amerika Selatan sekitar 8 persen.

Senior Managing Director Capital Market Cushman & Wakefield AS, Janice Stanton, mengatakan bahwa di  AS, pasar sewa lebih lambat dalam merespon stimulus The Fed mengenai investasi dan keuangan. Namun dengan adanya kebutuhan yang meningkat dan pasokan yang terbatas maka peluang pengembangan akan muncul di berbagai sektor dan di beberapa kota.

Menurut Janice bahwa demam investasi awal untuk produk inti properti diikuti oleh perputaran  kedua dan ketiga. Para investor akan mengembangkan propertinya ke pasar-pasar yang sama bahkan  menyebar ke pasar  kedua dan seterusnya.

Sedangkan Brasil, menawarkan banyak potensi dalam  jangka panjang. Begitu pula halnya dengan Meksiko yang merupakan pasar berkembang utama terkemuka saat ini. Negara ini memiliki konsentrasi besar pekerja muda dan tingkat pendidikan dengan kualitas hidup yang terbaik juga di regional Amerika Selatan.

"Investasi asing akan semakin deras mengalir. Begitu pula dengan AS dan Kanada serta sebagian negara Amerika Selatan akan mendapat keuntungan dari tren global ini," ucap Janice.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita